Hisyam Sutopo, 1123306167 (2015) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI BUNYI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BAGI SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NU KARANGSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
ABSTRAK.docx Download (27kB) |
||
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Hisyam Sutopo_PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan sejauh mana penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan energi bunyi oleh siswa kelas IV MI Ma’arif NU Karangsari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan subyek penelitian siswa kelas kelas IV MI Ma’arif NU Karangsari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga., sebanyak 17 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, tes tertulis pada akhir pembelajaran, dan melihat dokumentasi nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum penggunaan media gambar berseri, dan nilai rata-rata tes tertulis akhir pembelajaran tiap-tiap siklus dengan penerapan media gambar berseri dianalisis menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Nilai rata-rata tes tertulis dari siklus I sampai siklus II juga mengalami peningkatan dibandingkan sebelum penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Nilai rata-rata tes sebelum penggunaan media sebesar 51,17, nilai rata-rata siklus I tentang materi akhlak terpuji sebesar 61,76 dan nilai rata-rata siklus II sebesar 78,23. Selanjutnya prosentase ketuntasan belajarnya juga mengalami peningkatan yaitu pra siklus 23,52 %, dan pada siklus I sebesar 58,82 % dan selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 88,33 %. Sedangkan anak yang mendapat nilai telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal 60, juga mengalami peningkatan yaitu pra siklus hanya 4 siswa, siklus I ada 10 siswa dan pada siklus II ada 15 siswa. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Pengetahuan Alam pokok bahasan energi bunyi. Jadi hipotesis yang penulis ajukan “Peningkatan Hasil Belajar Mata Pengetahuan Alam pokok bahasan energi bunyi menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas kelas IV MI Ma’arif NU Karangsari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga terbukti kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 00:52 |
Last Modified: | 08 Nov 2016 00:52 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1494 |
Actions (login required)
View Item |