UPAYA PASANGAN PENGADOPSI ANAK DALAM MEWUJUDKAN KEHARMONISAN KELUARGA (Studi Kasus Desa Tambak Sari Kidul Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Jawa Tengah)

Jaenal, Ibnu Abidin (2022) UPAYA PASANGAN PENGADOPSI ANAK DALAM MEWUJUDKAN KEHARMONISAN KELUARGA (Studi Kasus Desa Tambak Sari Kidul Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Jawa Tengah). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
JAENAL IBNU ABIDIN NEW SKRIPSI .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu yang sering dianggap menjadi suatu rintangan dan masalah dalam keluarga yaitu tidak atau belum memiliki keturunan. Karena stigma yang berkembang di masyarakat menyatakan bahwa sebuah keluarga yang ideal yaitu adanya suami, istri dan anak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengangkat anak orang lain (adopsi) dengan memelihara dan memperlakukannya seperti anak kandung sendiri. Pengangkatan anak merupakan alternatif untuk menyelamatkan perkawinan atau untuk mencapai kebahagiaan rumah tangga. Jenis penelitian yang digunakan (Field Research). Jenis Penelitian yang dilakukan penulis bersifat deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk memberikan data seteliti mungkin tentang manusia, keadaan, atau gejala-gejala. Pendekatan peneliti menggunakan jenis penelitian hukum sosiologis. Sumber data primer dalam penulisan skripsi ini adalah data-data yang diperoleh langsung dari lapangan. Sedangkan data sekunder didapat dari penelusuran data melalui bahan tertulis, bahan ini berupa berkas atau dokumen resmi, buku-buku serta laporan hasil penelitian, buku harian.Teknik analisa data secara khusus di ambil kesimpulan bersifat umum. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keharmonisan dalam hubungan keluarga di Desa Tambak Sari Kidul disatu sisi dapat diperoleh melalui kehadiran anak sebagai generasi penerus, disisi lain usaha pengadopsian anak di Desa Tambak Sari Kidul juga merupakan upaya menghadirkan anak sebagai sumber keharmonisan dalam hubungan keluarga. Adapun kondisi pasangan pengadopsi anak dan upaya pasangan pengadopsi anak di Tambak Sari Kidul dalam menciptakan keharmonisan keluarga, terlihat sudah sesuai dengan aspek dasar dalam keharmonisan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Adopsi, Harmonis dan Keluarga
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.37 Menyusui dan Mengasuh
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Jaenal Ibnu Abidin sdr
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:35
Last Modified: 29 Jun 2022 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14934

Actions (login required)

View Item View Item