Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Sewa Jasa Konsultasi Skripsi secara Online (Studi Kasus pada CV. Kiki Areski Kampus)

Daning Yuka, Alifia (2022) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Sewa Jasa Konsultasi Skripsi secara Online (Studi Kasus pada CV. Kiki Areski Kampus). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Daning Yuka Alifia_Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Sewa Jasa Konsultasi Skripsi secara Online (Studi Kasus pada CV. Kiki Areski Kampus).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Islam adalah agama yang paling lengkap dalam mengatur kehidupan, salah satunya pada bidang muamalah. Dengan adanya fenomena yang dialami oleh sebagian besar mahasiswa dalam proses penyelesaian skripsi guna memperoleh gelar sarjana strata satu (S1), maka muncul inisiatif dikalangan masyarakat untuk mengmpulkan pundi-pundi uang yaitu dengan cara membuka sewa jasa yang berkaitan dengan kebutuhan para mahasiswa. Namnun dalam praktiknya kegiatan sewa jasa yang berlangsung di kalangan masyarakat belum sepenuhnya terlepas dari permasalahan. CV. Kiki areski Kampus muncul sebagai wadah yang menyediakan sewa jasa konsultasi skripsi secara online. Adapun yang menjadi tujuan penelitian disini adalah bagaimana praktik konsultasi skripsi secara online pada CV. Kiki Areski Kampus dan bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap sewa jasa konsultasi skripsi secara online tersebut. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research), dengan pendekatani yuridis sosiologis. Sumber data primer diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik purposive sampling. Sehingga dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah founder (pendiri), konsultan dan mahasiswa pengguna jasa konsultasi skripsi secara online pada CV. Kiki Areski Kampus. Sedangkan data sekunder dapat berupa dokumen-dokumen resmi yang menjadi arsip CV. Kiki Areski Kampus, buku-buku, kitab dan yang terpenting adalah data yang mengandung informasi terkait dengan jasa konsultasi skripsi secara online pada CV. Kiki Areski Kampus. Praktik konsultasi skripsi berlangsung melalui aplikasi WhatsApp (voice note dan text) serta melalui aplikasi Zoom Meeting. Sebagian besar konsultan merupakan mahasiswa lulusan S2 dan mahasiswa yang telah lulus S1. Peran konsultan adalah mengarahkan melalui diskusi sesuai dengan permasalahan yang mahasiswa alami, membantu mencarikan artikel/jurnal dan mengingatkan mahasiswa untuk aktif dalam konsultasi. Berdasarkan hasil riset menunjukan bahwa sewa jasa ini telah sesuai dengan ketentuan yang telah diatur oleh Hukum Ekononi Syariah. Sewa jasa ini termasuk dalam akad ija>rah ‘amal yaitu merupakan bentuk akad yang berhubungan dengan sewa jasa yaitu dengan memperkejakan keahlian atau jasa yang dimiliki oleh seseorang dengan disertai upah sebagai imbalan atas jasa yang disewakan. Kata Kunci: Konsultasi Skripsi Secara Online dan Ija>rah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsultasi Skripsi Secara Online dan Ija>rah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
2x4. Fiqih > 2x4.8 Fiqih dari Berbagai Faham/ Mazhab
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Daning Yuka Alifia sdri
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:29
Last Modified: 28 Jun 2022 04:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14897

Actions (login required)

View Item View Item