MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA'ARIF NU 1 GUMELAR BANYUMAS

Anita, Yuniati (2022) MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA'ARIF NU 1 GUMELAR BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Anita Yuniati 1717405002 repository.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Evaluasi pembelajaran adalah proses untuk menentukan nilai pembelajaran yang dilaksanakan, dengan melalui kegiatan pengukuran dan penilaian pembelajaran. Pengukuran yang dimaksud disini adalah proses membandingkan tingkat keberhasilan pembelajaran dengan ukuran keberhasilan pembelajaran yang ditentukan secara kuantitatif sedangkan, penilaian yang dimaksud disini adalah proses pembuatan keputusan nilai keberhasilan secara kualitatif. Banyak terjadi perubahan selama pandemi covid-19 terutama dari sisi pembelajaran, baik menyangkut strategi, media, administrasi pembelajran dan evaluasi pembelajaran. Perubahan drastis yang tampak dari sisi pembelajaran ialah perubahan tatap muka menjadi jarak jauh, perubahan sistem pembelajaran langsung menjadi pembelajaran daring. Dalam hal ini yang dilakukan guru ialah merancang model evaluasi pembelajaran alternatif di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model evaluasi pembelajaran daring pada pembelajaran tematik di MI Ma’arif NU 1 Gumelar Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model evaluasi pembelajaran daring pada pembelajaran tematik mencakup tiga aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Evaluasi aspek kognitif menggunakan tes tertulis, tes lisan dan penugasan. Evaluasi aspek afektif dilaksanakan dengan melakukan observasi (pengamatan) sikap siswa dan juga mencatat sikap siswa dalam jurnal guru. Evaluasi psikomotorik dilaksanakan dengan melakukan penilain unjuk kerja dan penilaian produk. Kata Kunci : Model Evaluasi Pembelajaran, Pembelajran Daring, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Evaluasi Pembelajaran, Pembelajran Daring, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anita Yuniati sdri
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:13
Last Modified: 28 Jun 2022 03:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14884

Actions (login required)

View Item View Item