NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU FIGUR KARISMATIK ABAH GURU SEKUMPUL KARYA KH.M.ANSHARY EL-KARIEM

Istiqomatul, Hidayah (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU FIGUR KARISMATIK ABAH GURU SEKUMPUL KARYA KH.M.ANSHARY EL-KARIEM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ISTIQOMATUL HIDAYAH_NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU FIGUR KARISMATIK ABAH GURU SEKUMPUL KARYA KH. M. ANSHARY EL-KARIEM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai pendidikan akhlak merupakan nilai-nilai yang mempunyai peranan penting dalam pendidikan di Indonesia. Pendidikan merupakan tempat yang tidak hanya mencerdaskan intelektual saja, tetapi juga mengajarkan akhlak yang baik. Di dalam pendidikan islam akhlak menjadi hal yang utama untuk diajarkan terlebih dahulu sebelum mengajarkan tentang ilmu. Karena akhlak di atasnya ilmu. Apalagi pada saat sekarang dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih orang-orang lebih mengutamakan kepentingan individu daripada kepentingan bersama. Sehingga mereka semakin acuh dengan lingkungan sekitarnya. Hal ini yang menyebabkan manusia semakin berkurang dalam mementingkan pendidikan akhlak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian literasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi, dengan sumber primernya buku Figur Karismatik Abah Guru Sekumpul Karya KH. M. Anshary El-Kariem. Adapun langkah-langkahnya yaitu, pertama merumuskan masalah penelitian yaitu bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Figur Karismatik Abah Guru Sekumpul karya KH. M. Anshary El-Kariem. Kedua, peneliti mengambil sample dari isi buku. Ketiga, peneliti membuat kategori-kategori nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam buku. Keempat, peneliti menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku tersebut berdasarkan kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Figur Karismatik Abah Guru Sekumpul karya KH. M. Anshary el-Kariem meliputi pendidikan akhlak kepada Allah, pendidikan akhlak kepada diri sendiri dan pendidikan akhlak kepada sesama manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bekal tentang pentingnya pendidikan akhlak dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karya Tulis Akhir
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Istiqomatul Hidayah
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:59
Last Modified: 28 Jun 2022 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14872

Actions (login required)

View Item View Item