PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEKERJA ANAK PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DI INDONESIA (Studi Kasus Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indramayu)

Wulansari Alma, Nur Sophia Zain (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEKERJA ANAK PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DI INDONESIA (Studi Kasus Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indramayu). Skripsi thesis, UIN K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Wulansari Alma NSZ - Perindungan Hukum Bagi Pekerja Anak Perspektif Hukum Positif Indonesia (Studi Kasus di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan An.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap orang mempunyai hak untuk mendapatkan perlindungan menurut Undang-Undang tidak terkecuali anak-anak, peran serta orang tua sangan penting untuk melindungi anak-anaknya dengan tidak melakukan kekerasan, eksploitas maupun memperkerjakannya. Fenomena pekerja anak di Indonesia ini merupakan persoalan yang kompleks, berdimensi pada faktor ekonomi, sosial dan budaya yang sudah ada sejak berabad-abad. Pekerja anak saat ini tidak bisa di pungkiri, menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Sering anak yang bekerja sebagai pekerja anak terjerumus pada jenis-jenis pekerjaan terburuk untuk anak bahkan samapai pada perdangan anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer yang digunakan yaitu wawancara dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Ketenagakerjaan, BP2MI, dan Kanit PPA POLRESTA Kabupaten Indramayu. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku, jurnal dan skripsi. Penelitian ini menunjukan bahwa, perlindungan hukum yang diberikan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Ketenagakerjaan, dan Kepolisian dengan berbagai upaya diantaranya Sosialisasi dan Edukasi kepada masyarakat. Perlindungan hukum terhadap pekerja anak menurut hukum positif di Indonesia yaitu terdapat dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Pasal 66 tentang perlindungan khusus bagi anak yang dieksploitasi secara ekonomi dan/atau seksual, hal tersebut sesuai dengan kasus yang ada di Kabupaten Indramayu, yaitu mempekerjakan anak di bawah umur. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indramayu sudah menerapkan Undang-Undang Tersebut. Namun, kasus tersebut belum dapat teratasi secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Pekerja Anak, Hukum Positif
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 344 Social, labor, welfare, and related law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Wulansari Alma Nur Sophia Zain sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 14:00
Last Modified: 27 Jun 2022 14:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14849

Actions (login required)

View Item View Item