EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-GOVERNMENT DI KABUPATEN BANYUMAS

Deka, Zahara Lutfiani Laeli (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-GOVERNMENT DI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DEKA ZAHARA LUTFIANI LAELI_EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-GOVERNMENT DI KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2003 mengeluarkan suatu kebijakan yang fokus terhadap pelaksanaan E-Government, melalui Intruksi Presiden yaitu Inpres Nomor 3 tahun 2003 tentang strategi pengembangan E-Government. Inpres tersebut pada dasarnya mengamanatkan kepada seluruh Instansi pemerintah baik pusat maupun daerah untuk dapat menyususn strategi dan kebijakan pengembangan E-Government pada instansi masing-masing. Pemerintah kabupaten Banyumas sebagai instansi pemerintah telah melakukan pengembangan layanan E-Government, pemerintah menetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 4 Tahun 2012 tentang rencana induk pengembangan E-Government. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan jenis penelitian lapangan. Analisis data yang digunakan yuridis empiris, dimana peraturan perundang-undangan yang digunakan untuk meninjau, melihat, menganalisis permasalahan-permasalahan yang ada, yakni menganalisis penerapan hukum dalam efektivitas yang sedang diterapkan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kepustakaan, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-Government kabupaten Banyumas itu dioperatori secara langsung oleh Dinkominfo Banyumas. Dimana seluruh instansi yang ada di kabupaten Banyumas difasilitasi jaringan dan aplikasi-aplikasi yang dapa menunjang pelayanan publik di kabupaten Banyumas. Dan efektivitas penggunaan E-Government di kabupaten Banyumas jika dikur berdasarkan 5 indikator teori efektivitas Soejono Soekanto, diantaranya faktor huku, faktor penegak huku, faktor sarana dan fasilitas, faktor masyarakat dan faktor budaya. Maka pelayanan publik menggunakan E-Government di kabupaten Banyumas sudah bisa dikatakan berjalan secara efektif karena sudah memenuhi indikator-indikator yang sudah ditentukan dan sudah sesuai dengan Perda Banyumas Nomor 4 Tahun 2012 tentang rencana induk pengembangan E-Government. Kata kunci : Efektivitas, E-Government, Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: DEKA LUTFIANI LAELI sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 11:39
Last Modified: 27 Jun 2022 11:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14828

Actions (login required)

View Item View Item