PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM PENGADILAN AGAMA CILACAP TERHADAP KASUS WANPRESTASI AKAD MURA<BAH}AH} PADA PUTUSAN NOMOR 0002/Pdt.G.S/2019/Pa.Clp

Shafira, Desya Priatna (2022) PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM PENGADILAN AGAMA CILACAP TERHADAP KASUS WANPRESTASI AKAD MURA<BAH}AH} PADA PUTUSAN NOMOR 0002/Pdt.G.S/2019/Pa.Clp. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi fix shafira (Autosaved)fix2.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PERTIMBANGAN HAKIM PENGADILAN AGAMA CILACAP TERHADAP KASUS WANPRESTASI AKAD MURA<BAH}AH} PADA PUTUSAN NOMOR 0002/PDT.G.S/2019/PA.CLP ABSTRAK Shafira Desya Priatna NIM. 1522301040 Ekonomi Islam tidak lepas dari lembaga keuangan syariah. Salah satu produk lembaga keuangan syariah adalah adalah Akad Mura<bah}ah}. Walaupun demikian, ada juga bentuk resiko yang harus dihadapi oleh pihak lembaga keuangan syariah pada Mura<bah}ah} ini yaitu salah satunya wanprestasi. Dalam Putusan Nomor 0002/Pdt.G.S/2019/PA.Clp, dimana putusan ini berisi tentang Penggugat (PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Gunung Slamet) dan Tergugat I dengan persetujuan Tergugat II (selaku isteri), telah membuat Akad jual beli dengan sistem Mura<bah}ah Nomor: 420/MRBH/VIII/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertimbangan Hukum Hakim Pengadilan Agama Cilacap Terhadap Kasus Wanprestasi Akad Mura<bah}ah} pada Putusan Nomor 0002/Pdt.G.S/2019/Pa.Clp. Jenis penelitian ini termasuk menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu jenis penelitian yang sumber datanya diperoleh dari kepustakaan. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder yang mendukung penelitian. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi, tindakan selanjutnya metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif deskriptif dengan model interaktif (Interactive Model of Analysis), yang kemudian dilanjutkan dengan penganalisaan data yang menghasilkan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan bahwa, Akad Pembiayaan Mura<bah}ah} dilaksanakan sah menurut hukum dan Dewan Syari’ah Nasional NO: 04/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Mura<bah}ah}. Sehingga jika adanya wanprestasi oleh Tergugat I dan Tergugat II kepada PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Gunung Slamet Kabupaten Cilacap pada Akad Pembiayaan Mura<bah}ah} Nomor: 420/MRBH/VIII/2016 bisa menjadikan perbuatan melawan hukum dan dapat diadili sesuai dengan hukum yang berlaku pada Pengadilan Agama Cilacap. Pertimbangan Hukum Hakim dalam memutuskan Putusan Nomor 0002/Pdt.G.S/2019/Pa.Clp terhadap Kasus Wanprestasi Akad Mura<bah}ah} didasarkan atas KHES Pasal 20 sampai pasal 25, pasal 36, pasal 44 dan pasal 46 serta fatwa DSN maupun dasar Hukum Islam. Kemudian hakim juga mempertimbangkan hukum atas dasar fakta dilapangan serta memeriksa bukti dan mendengarkan saksi saat persidangan berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pertimbangan Hakim, Akad Mura<bah}ah} dan Wanprestasi
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Shafira Desya Priatna sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 10:49
Last Modified: 27 Jun 2022 10:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14815

Actions (login required)

View Item View Item