PESAN TOLERANSI DALAM FILM BUMI ITU BULAT (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Fauzan, Aziz (2022) PESAN TOLERANSI DALAM FILM BUMI ITU BULAT (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Upload Skripsi Repository.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kehidupan yang plural mengharuskan setiap manusia untuk dapat memiliki sikap tenggang rasa, saling menghormati dan juga saling mengasihi. Munculnya konflik sering kali tersulut karena adanya rasa egois yang terlalu ditonjolkan ketika sedang berhubungan sosial. Sehingga toleransi menjadi penting untuk dimiliki oleh setiap orang guna mewujudkan kehidupan yang harmoni dan tanpa adanya perpecahan didalamnya. Karena perbedaan menjadi fitrah yang tidak dapat ditolak dan dibantah. Perbedaan yang nampak menjadikan seorang tidak dapat memposisikan dirinya sebagai seorang manusia seutuhnya. Tidak dapat menjadikan perbedaan menjadi sebuah jalan untuk mencapai kebaikan bersama. Pada dasarnya, hal tersebut adalah jembatan untuk saling mengenal satu sama lain dalam keberagaman. Melalui film Bumi itu Bulat, ada banyak pesan yang tersirat untuk dapat diimplementasikan dalam kehidupan manusia, tanpa terkecuali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian literature atau teks media dengan menggunakan pendekatan semiotika. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan semiotika Roland Barthes. Dalam hal ini bertujuan untuk menganalisis pesan toleransi dalam film Bumi Itu Bulat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya ada beberapa point pesan yang terkandung dalam film Bumi itu Bulat, diantaranya adalah tolong menolong dan menjunjung persaudaraan universal dalam kehidupan yang majemuk. Sehingga dapat menciptakan keharmonisan dalam setiap hubungan sosial yang dimunculkan. Kemudian, menjunjung tinggi persamaan hak. Dalam hal ini, perbedaan bukan menjadi penghalang bagi siapa saja untuk melaksanakan ibadah sesuai kepercayaannya. Dalam kehidupan sosial juga berhak untuk berteman baik dengan siapapun tanpa harus melihat apa agama yang dianutnya. Selain itu, menjauhi sikap fanatic menjadi hal yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Sikap fanatic hanya akan menyulut konflik yang menjadikan berpecah belah atas perbedaan yang sudah tidak lagi dapat diganggu gugat. Kata Kunci: Pesan Toleransi, Film, Semiotika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pesan Toleransi, Film, Semiotika
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fauzan Aziz sdr
Date Deposited: 27 Jun 2022 09:52
Last Modified: 27 Jun 2022 09:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item View Item