NILAI-NILAI AGAMA PADA IKLAN SAHAJA VERSI ALYSSA SOEBANDONO (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE)

Nurul, Auliat (2022) NILAI-NILAI AGAMA PADA IKLAN SAHAJA VERSI ALYSSA SOEBANDONO (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nurul Auliat_Nilai-Nilai Agama Pada Iklan Sahaja Versi Alyssa Soebandono Analisis Charles Sander Pierce.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana nilai agama dalam sebuah tayangan iklan. Nilai agama yang diyakini sebagai nilai guna menjadi pedoman hidup dikemas dalam sebuah iklan yang meghasilkan keuntungan. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis iklan Sahaja Versi Alyssa Soebandono, cairan pencuci piring dan sabun ditergen cair. Penelitian ini dilatar belakangi oleh seorang brand ambassador dalam iklan yang menggunakan atribut nilai agama. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengentahui dan memahami makna-makna nilai agama pada tayangan iklan Sahaja Versi Alyssa Soebandono. Penelitian ini menggunakan studi analisis Semiotik Charles Sanders Pierce mengenai pemaknaan segitiga makna (tringle meaning) yang meliputi; tanda, objek, dan interpretan. Dengan pendekatan kualitatif yang dalam hal ini penulis menggunakan metode dokumentasi dan observasi non partisipan. Hasil penelitian berdasarkan analisis semiotik Charles Sanders Pierce yang dilakukan oleh peneliti dengan judul “Nilai-nilai Agama Pada Iklan Sahaja Versi Alyssa Soebandono (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce) yakni adanya nilai-nilai Agama Islam yang berwujud kapitalis dijadikan sebagai atribut dalam menghasilkan keuntungan. Nilai-nilai Agama tersebut diantaranya: nilai bahasa lisan seperti serapan-serapan bahasa arab yang bernuansa islami, nilai halal, nilai artifaktual yang menggambarkan kecantikan dalam berpakaian sesuai dengan ajaran agama islam dan nilai perbuatan yang menggambarkan sebuah ajaran agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NILAI AGAMA, IKLAN, SEMIOTIKA
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: NURUL AULIAT sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 10:25
Last Modified: 27 Jun 2022 10:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14802

Actions (login required)

View Item View Item