ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DANA DESA DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Desa Sidareja Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga)

Yufiatun, Nurkhasanah (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DANA DESA DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Desa Sidareja Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
YUFIATUN NURKHASANAH_ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DANA DESA DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Untuk penanggulangan Covid-19, pemerintah memberi dana Bantuan Langsung Tunai kepada keluarga yang terkena dampak dari pandemi Covid-19. Program BLT perlu dilakukan analisis efektifitas. Karena Bantuan Langsung Tunai Dana Desa berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat. Dalam penelitian ini, masalah umum yang dikemukakan adalah bagaimana efektifitas penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dalam mensejahterakan masyarakat di masa pandemi Covid-19 di Desa Sidareja Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulah datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji pemeriksaan keabsahan data penelitian ini dilakukan dengan teknik trianggulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara keseluruhan tingkat efektivitas penyaluran Bantuan Langsung Tunai dilihat dari ketepatan sasaran, ketepatan pilihan, dan ketepatan perhitungan biaya memiliki persentase 73,57 sehingga tergolong cukup efektif. 2) Kontribusi dana Bantuan Langsung Tunai pada masa pandemi Covid-19 sangat membantu terhadap kesejahteraan masyarakat. Masyarakat di Desa Sidareja yang mendapatkan dana Bantuan Langsung Tunai lebih banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sebagian untuk berobat serta untuk pembiayaan pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Bantuan Langsung Tunai (BLT), Pandemi Covid-19, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yufiatun Nurkhasanah
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:40
Last Modified: 27 Jun 2022 08:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14768

Actions (login required)

View Item View Item