IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE PENGENALAN HURUF HIDUP TANPA MENGEJA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AWAL ANAK USIA DINI DI DESA KOBER

Nanda, Nanda Milati Azkia (2022) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE PENGENALAN HURUF HIDUP TANPA MENGEJA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AWAL ANAK USIA DINI DI DESA KOBER. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nanda Milati Azkia_Implementasi Penggunaan Metode Pengenalan Huruf Hidup Tanpa Mengeja Dalam Pembelajaran Membaca Awal Anak Usia Dini di Desa Kober.pdf

Download (959kB) | Preview

Abstract

Anak dalam kemampuannya membaca awal dapat ditingkatkan dengan cara pendampingan secara langsung oleh guru diluar jam pelajaran. Dari kegiatan meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak usia dini dapat memunculkan indikator-indikator membaca awal yang tumbuh pada diri anak. Kegiatan membaca awal merupakan membaca kalimat-kalimat sederhana yang bisa disajikan dengan gambar ataupun tulisan biasa. Kegiatan membaca awal disini menjadi kebutuhan dan kegiatan setiap harinya karna dengan membaca awal ini anak akan bisa memahami apa yang guru ajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisis tentang implementasi kemampuan membaca awal anak usia dini melalui metode pengenalan huruf hidup tanpa mengeja di Desa Kober yang dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana Implementasi kemampuan membaca awal anak usia dini melalui metode pengenala huruf hidup tanpa mengeja di Desa Kober. Penelitian ini yang bersifat deskriptif kualitatif, metode yang digunakan dalam pengumpulan data yang peniliti gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kemampuan membaca awal anak usia dini melalui metode pengenalan huruf tanpa mengeja di Desa Kober yaitu anak dapat mengenal membaca awal. Guru sudah sangat kompeten dalam mengembangkan kemampuan membaca awal dan guru sudah menerapkan metode pengenalan huruf hidup tanpa mengeja. Jadi, membaca awal sangatlah penting untuk diterapkan dan dikembangkan yang dimulai sejak anak usia dini memahami suatu infornasi saat melakukan proses membaca dan menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Guru, Anak Usia Dini, Membaca Awal Tanpa Mengeja.
Subjects: 000 Generalities > 090 Manuscripts and rare books
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nanda Milati Azkia
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:57
Last Modified: 27 Jun 2022 07:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14766

Actions (login required)

View Item View Item