MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MI MA’ARIF NU 01 KEDUNGWRINGIN PATIKRAJA

Titis, Rizqy (2022) MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MI MA’ARIF NU 01 KEDUNGWRINGIN PATIKRAJA. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TITIS RIZQY_MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MI MA’ARIF NU 01 KEDUNGWRINGIN PATIKRAJA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran masa pandemi menuntut kreativitas dan inovasi guru untuk merancang pembelajaran bermakna. Dibutuhkan model pembelajaran yang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran secara jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana model pembelajaran blended learning pada masa pandemi covid 19 di MI Ma’arif NU 01 Kedungwringin Patikraja. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru kelas VI, dan siswa kelas VI MI Ma’arif NU 01 Kedungwringin Patikraja Adapun objek penelitian ini yaitu model pembelajaran blended learning pada masa pandemi covid 19. Hasil penelitian menunjukkan, MI Ma’arif NU 01 Kedungwringin Patikraja menggunakan model pembelajaran blended learning dengan berlandaskan pada kurikulum darurat covid 19. Terdapat 2 (dua) fase yaitu pembelajaran daring semi luring dan pembelajran tatap muka terbatas. Adapun pendekatan pembelajaran menggunakan student center dan saintifik. Media pembelajaran yang digunakan saat daring seperti wa, zoom, google classroom, quizizz, dan google form. Sedangkan dalam pembelajaran luring disesuaikan dengan materi. Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran baik luring maupun daring. Evaluasi yang digunakan guru mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Adapun bentuk evaluasinya berupa pengamatan, penugasan, ulangan harian, PTS, dan PAT.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Blended Learning, Pandemi
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: sdr titis rizqy
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:48
Last Modified: 27 Jun 2022 06:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14741

Actions (login required)

View Item View Item