Analisis komparatif tingkat pengetahuan Santri Terhadap Produk Perbankan Syariah dan Konvensional (studi kasus di pondok pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap

Arif Yoga, Purnomo (2022) Analisis komparatif tingkat pengetahuan Santri Terhadap Produk Perbankan Syariah dan Konvensional (studi kasus di pondok pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi_arifyogapurnomo_1717202110.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan santri terhadap produk yang ada di Perbankan syariah maupun produk Perbankan konvensional di Pondok pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan, Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan diambil secara acak berjumlah 93 orang. Jenis data yang dipakai dalam penelitian menggunakan data primer dan sekunder, data primer didapatkan dari hasil kuisioner dilapangan, dan data sekunder didapatkan dari dokumen dan sumber lainnya yang berhubungan dengan penelitian. Pengetahuan produk perbankan adalah pemahaman yang dimiliki oleh setiap individu terhadap layanan penyelenggaraan produk bank. Dalam penelitian ini memiliki dua kategori perbankan yaitu Perbankan Syariah dan Perbankan Konvensional. Berdasarkan hasil uji Z memiliki hasil nilai t yaitu sebesar 3.140 dengan P-value 0,002. Nilai P-value yang diperoleh lebih kecil dari, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya pada taraf kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuan santri pondok pesantren al ihya ulumaddin kesugihan cilacap terhadap produk perbankan syariah dan produk perbankan konvensional. Dengan maksimal nilai kuisioner 40 Rata-rata nilai kuisioner produk bank syariah 33,48 (83,7%) dan Rata-rata nilai kuisioner produk bank konvensional 32,22 (80,55%). Jadi perbedaan rata-rata antara dua produk adalah 3,15%. KATA KUNCI: Tingkat pengetahuan, Bank syariah dan Bank konvensional,Produk bank.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sdr Arif Yoga Purnomo
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:04
Last Modified: 27 Jun 2022 08:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14733

Actions (login required)

View Item View Item