FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENDAPATAN TENAGA KERJA PEREMPUAN PADA HOME INDUSTRY BULU MATA (STUDI KASUS IBU RUMAH TANGGA DESA KARANGCEGAK, KECAMATAN KUTASARI, KABUPATEN PURBALINGGA)

Anisa Putri, Amalia (2022) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENDAPATAN TENAGA KERJA PEREMPUAN PADA HOME INDUSTRY BULU MATA (STUDI KASUS IBU RUMAH TANGGA DESA KARANGCEGAK, KECAMATAN KUTASARI, KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Anisa Putri Amalia_Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas dan Kontribusi Tenaga Kerja Perempuan pada Home Industry Bulu Mata (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Produktivitas tenaga kerja adalah gambaran kemampuan pekerja dalam menghasilkan suatu produk baik barang atau jasa. Semakin tinggi jumlah produk yang dihasilkan, menunjukkan produktivitas tenaga kerjanya juga tinggi. Tingkat produktivitas tenaga kerja yang tinggi akan mempengaruhi jumlah pendapatan yang didapatkan. Desa Karangcegak menyerap tenaga kerja perempuan terutama ibu rumah tangga untuk dijadikan tenaga kerja sebagai pembuat bulu mata. Namun terdapat faktor yang mempengaruhi tingkat produktivitas tenaga kerjanya. Oleh karena itu, akan dilakukan adalah mengenai faktor yang mempengaruhi tingkat produktivitas tenaga kerja dan juga kontribusi pendapatan tenaga kerja perempuan dalam keluarganya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor produktivitas dan kontribusi pendapatan tenaga kerja perempuan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan wawancara kepada 15 narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) faktor jenis kelamin, umur, dan tingkat pendidikan tidak mempengaruhi tingkat poduktivitas tenaga kerja perempuan, sedangkan faktor yang mempengaruhi tingkat produktivitas tenaga kerja perempuan adalah faktor pengalaman kerja, keterampilan (skill), dan jumlah tanggungan keluarganya 2) kontribusi pendapatan tenaga kerja perempuan dalam keluarganya adalah sebesar 17.24%. Hasil ini dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari jika dibandingkan dengan mendapatkan uang dari uang nafkah suami saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor Produktivitas Tenaga Kerja, Kontribusi Pendapatan, Tenaga Kerja Perempuan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anisa Putri Amalia
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:33
Last Modified: 27 Jun 2022 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14731

Actions (login required)

View Item View Item