“PRAKTIK OPER GADAI DAN PEMANFAATAN BARANG GADAI DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas)”

Aniqotul, Millah (2022) “PRAKTIK OPER GADAI DAN PEMANFAATAN BARANG GADAI DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas)”. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aniqotul Millah_Praktik Oper Gadai dan Pemanfaatan Barang Gadai dalam Tinjauan Hukum Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saifuddin Zuhri Purwokerto Terdapat praktik gadai yang sudah lama diterapkan di tengah masyarakat Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Yakni masyarakat sekitar biasanya menggadaikan lahan pertanian berupa sawah, maupun perkebunan kepada teman maupun kerabat. Ketika melakukan akad gadai, ra>hin akan memberikan barang yang bernilai kepada murtahin berupa lahan pertanian sebagai jaminan atas hutangnya, barang jaminan tersebut nantinya akan diolah dan dimanfaatkan sepenuhnya oleh murtahin. Seiring berjalannya waktu murtahin sering kali menggadaikan kembali barang yang menjadi jaminan milik ra>hin kepada pihak lain untuk kepentingan pribadinya, hal tersebut ia lakukan lantaran sedang membutuhkan biaya yang mendesak dan ra>hin belum dapat mengembalikan tebusan hutang gadainya. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian adalah bagaimana praktik oper gadai dan pemanfaatan barang gadai serta mengenai bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik oper gadai dan pemanfaatan barang gadai tersebut. dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik oper gadai dan pemanfaatan barang gadai serta pandangan hukum Islam terkait praktik gadai tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research, dan melalui pendekatan yang bersifat deskriptif analisis. Kemudian analisis data dari penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan demikian dapat disimpulkan terkait praktik oper gadai dan pemanfaatan barang gadai yang ada di Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas adalah tidak dibenarkan dalam hukum Islam. Hal tersebut karena tindakan murtahin yang tidak dapat menjalankan kewajibannya untuk menjaga barang jaminan milik ra>hin. Dan pada dasarnya tugas dari murtahin adalah menahan barang jaminan gadai, sehingga tidak dibenarkan apabila murtahin menjaminkan kembali barang jaminan ra>hin kepada pihak lain. Terlebih prinsip dari akad gadai yang dilakukan adalah tolong-menolong yang mana seharusnya murtahin tidak diperkenankan untuk mengambil keuntungan di dalamnya. Kata Kunci: Oper Gadai, Pemanfaatan Barang Gadai, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Oper Gadai, Pemanfaatan Barang Gadai, Hukum Islam.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: ANIQOTUL MILLAH sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:27
Last Modified: 27 Jun 2022 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14720

Actions (login required)

View Item View Item