IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KREATIF KEPALA TK DALAM PENINGKATAN KREATIVITAS GURU DI TK YWKA (YAYASAN WANITA KERETA API)2 PURWOKERTO

Mita, Augustin (2022) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KREATIF KEPALA TK DALAM PENINGKATAN KREATIVITAS GURU DI TK YWKA (YAYASAN WANITA KERETA API)2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi mita augustin.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kepemimpinan kreatif kepala TK dalam peningkatan kreativitas guru di TK YWKA 2 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini diklasifikasikan menjadi subjek primer dan subjek sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kepemimpinan kreatif kepala TK dalam peningkatan kreativitas guru di TK YWKA 2 Purwokerto menggunakan berbagai bentuk usaha kepemimpinan kreatif kepala TK diantaranya kepemimpinan kreatifitas dalam mengambil keputusan, kreatifitas dalam memotivasi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mempengaruhi bawahan, tanggungjawab dan kemampuan dalam mengendalikan emosi. Bentuk kreativitas kepala TK tersebut sangat mempengaruhi dalam pengelolaan media informasi, kedisiplinan, pengembangan kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, kreativitas sebagai supervisor, kreativitas dalam memberikan bantuan kepada guru (problem solving), dan kreativitas evaluasi pembelajaran. Implementasinya dalam peningkatan kreativitas guru yaitu proses pembelajaran dapat berjalan dengan suasana belajar yang kondusif dan lancar karena menggunakan pendekatan yang beragam dan sesuai untuk pendidikan anak usia dini, diantaranya yaitu melakukan pendekatan inquiry (pencaritahuan), menggunakan teknik sumbang saran (brain storming), pemberian contoh (suri tauladan) melalui sikap dan perilaku guru, memberikan penghargaan bagi peserta yang kreatif, meningkatkan pemikiran kreatif melalui banyak media. Kata kunci : kepemimpinan kreatif, kepala TK, kreativitas guru   Implementation of Kindergarten Principal’s Creative Leadership in Improving Teacher Creativity at YWKA 2 Kindergarten Purwokerto MITA AUGUSTIN NIM. 1717401078 ABSTRACT This study aims to describe the implementation of the creative leadership of the kindergarten principal in increasing teacher creativity at YWKA 2 Kindergarten Purwokerto. This study uses a qualitative research method with a descriptive approach. The subject of this study were classified into primary subjects and secondary subjects. The data collection method consisted of interviews, observations, and documentation which were analyzed by means of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that the implementation of the creative leadership of the kindergarten principal in increasing the creativity of teachers at YWKA 2 Purwokerto uses various forms of creative leadership efforts bythe kindergarten principal, including creativity leadership in making decisions, creativity in motivating, communication skills, ability to influence subordinates, responsibility and ability to control emotion. The form of the kindergarten principal’s creativity greatly influences media managementinformation, discipline, curriculum development, extracurricular activities, creativity as a supervisor, creativity in providing assistance to teachers (problem solving), and creativity in learning evaluation. Its implementation in increasing teacher creativity is that the learning process can run with a conducive and smooth learning atmosphere because it uses a diverse and appropriate approach for early childhood education, including conducting an inquiry approach (searching out), using brainstorming techniques, giving examples (a role model) through teacher attitudes and behavior, rewarding creative participants, increasing creative thinking through many media. Keywords : creative leadership, kindergarten principal, teacher creativity

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kepemimpinan kreatif, kepala TK, kreativitas guru
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mita Augustin sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:14
Last Modified: 27 Jun 2022 04:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14703

Actions (login required)

View Item View Item