KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS TERHADAP NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY)

Tri Utami, NIM. 1123301162 (2016) KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS TERHADAP NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
TRI UTAMI_KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS TERHADAP NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Hubungan dan peran antara laki-laki dan perempuan dalam lingkup budaya, sumber ajaran, dan tradisi masyarakat dapat menimbulkan perbedaan posisi keduanya dalam memperoleh akses, partisipasi, kontrol,dan manfaat dalam aktivitas kehidupan, baik dalam keluarga, masyarakat maupun berbangsa dan bernegara. Apalagi pemahaman terhadap teks-teks keagamaan, bahkan teks apapun, dipengaruhi oleh banyak faktor. Bukan saja tingkat pengetahuan, tetapi juga penolakan terhadap kesetaraan gender khususnya dalam pendidikan Islam, karena bermacam-macamnya tafsiran gender, bahkan kesalahan tafsirnya. Novel Perempuan Berkalung Sorban sarat akan pesan kesetaraan, yang diharapkan mampu menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap subordinasi, marginalisasi, dan gender stereotype yang selama ini dialami perempuan. Dalam penelitian ini kesetaraan gender dalam novel akan dianalisis melalui perspektif pendidikan Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Kesetaraan gender pada novel Perempuan Berkalung Sorban dalam perspektif pendidikan Islam? Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan analisis gender yang merupakan jiwa dari metode kritik sastra feminis. Langkah analisisnya adalah mengidentifikasi tokoh laki-laki dan perempuan, menggolongkan para tokoh ke dalam tipologi pemikiran gender, melakukan penelusuran kesetaraan gender yang berkembang dalam novel, dan penjabaran kesetaraan gender dalam novel dalam perspektif pendidikan Islam. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kesetaraan gender dalam novel Perempuan Berkalung Sorban dalam perspektif pendidikan Islam adalah kesamaan antara laki-laki dan perempuan dalam memperoleh akses dan kesempatan belajar, kesempatan untuk dapat berperan di ranah publik, kebebasan dalam menentukan pilihan hidup, dan kedudukan yang setara dalam sumber ajaran. Kata Kunci: Kesetaraan gender, pendidikan Islam, dan novel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 376 Education of women
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 10 Jun 2016 03:59
Last Modified: 10 Jun 2016 03:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item