ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PEMASARAN USAHA JASA DEKORASI PERNIKAHAHAN AF DECORATION DI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

FIKA, ANDRIANI (2022) ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PEMASARAN USAHA JASA DEKORASI PERNIKAHAHAN AF DECORATION DI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FIKA ANDRIANI_ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PEMASARAN USAHA JASA DEKORASI PERNIKAHAN AF DECORATION DI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman membawa gaya hidup masyarakat berubah, khususnya pada aspek pesta, yang biasa dilaksanakan masyarakat dalam beberapa acara seperti agenda pernikahan ataupun tunangan. Dekorasi memiliki peran penting untuk menciptakan nuansa hidup dalam acara, namun dekorasi sudah dianggap sebagai salah satu tingkat gengsi, sehingga dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. AF Decoration salah satu jasa dekorasi yang terletak di Karangsoka Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Jasa dekorasi ini memiliki variasi produk dan harga yang sangat terjangkau. Perkembangan dan jumlah pelanggan AF Decoration nampak pesat walaupun dalam masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menentukan perumusan prioritas strategi analisis SWOT pemasaran AF Decoration yang tepat dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Field Research dan kualitatif dimana penelitian ini menggambarkan mendeskripsikan, menginterpretasikan, dan menjelaskan suatu situasi dengan melakukan perubahan dengan tujuan perbaikan. Hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa diketahui strategi Analisis SWOT pada AF Decoration dalam strategi pemasaranya agar terus bekembang yaitu dengan cara: (a) Mempertahankan harga produk yang fleksibel sesuai budget konsumen dengan tetap mempertahankan kualitas baik produk dekorasinya. (b) Mengembangkan produk dekorasi dengan macam bunga dan properti untuk mempertahankan konsumen loyal serta meminimalisisr daya tawar menawar yang kuat. (c) Meningkatkan kualitas jasa dekorasinya dengan penambahan jasa baru yang akan ditawarkan untuk menarik konsumen baru. (d) Memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan promosi perushaan dengan membuat brosur dan web sehingga mempermudah konsumen untuk melihat contoh gambar dekorasi yang ditawarkan. (e) Menambah karyawan khusus untuk pemasaran dan mengikuti event-event tertentu seperti wedding expo. Dari kelima strategi tersebut yang paling efektif dilakukan AF Decoration yaitu “Memanfaatkan teknologi untuk mengingkatkan promosi perushaan dengan membuat brosur dan web sehingga mempermudah konsumen untuk melihat produk dekorasi yang ditawarkan”. Strategi tersebut dilakukan terus menerus dengan memanfaatkan teknologi, sehingga memudahkan konsumen untuk lebih mendapat informasi, terlebih menghemat biaya dan waktu. Selain itu, memaksimalkan promosi melalui media sosial/internet lebih menjangkau banyak konsumen. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Dekorasi Pernikahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Dekorasi Pernikahan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fika Andriani sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:09
Last Modified: 27 Jun 2022 02:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14695

Actions (login required)

View Item View Item