ANALISIS POSITIONING MENGGUNAKAN MULTIDIMENSIONAL SCALING BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN MARKETPLACE (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto)

SILVYANA INDRI, PARAWANSA (2022) ANALISIS POSITIONING MENGGUNAKAN MULTIDIMENSIONAL SCALING BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN MARKETPLACE (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SILVYANA INDRI PARAWANSA_ANALISIS POSITIONING MENGGUNAKAN MULTIDIMENSIONAL SCALING BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN MARKETPLACE (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SAIZU).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat memberikan pengaruh positif terhadap aktivitas perekonomian Indonesia. Terutama perkembangan marketplace yang mampu menjangkau keinginan dan kebutuhan masyarakat. Beberapa marketplace yang mendominasi pasar online Indonesia diantaranya “Shopee, Tokopedia, Lazada, BukaLapak, dan BliBli”. Perusahaan penyedia marketplace ini mampu menghubungkan kebutuhan konsumen dan penjual yang saling berinteraksi dan bertransaksi didalamnya. Untuk mengetahui fenomena persaingan marketplace ini, maka diperlukan strategi positioning, digunakan untuk mengestimasi keunggulan-keunggulan, yang merupakan atribut dari objek yang diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui positioning marketplace menurut persepsi konsumen. Penelitian ini menggunakan analisis multidimensional scaling untuk mengetahui konsumen dalam memilih produk marketplace. Berdasarkan teknik pengumpulan dan analisis data, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini adalah kemudahan, harga, keamanan, kualitas pelayanan dan persepsi kemanfaatan yang dinilai berdasarkan persepsi konsumen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 200 mahasiswa yang kemudian diolah dengan teknik analisis multidimensional scaling dan perceptual maping. Berdasarkan hasil analisis menurut responden bahwa peta positioning marketplace berdasarkan persepsi pengguna diungguli oleh Shopee dengan keunggulan dalam atribut konsistensi harga, kerahasiaan, kesesuaian produk dan utilitas. Peta positioning pada marketplace tokopedia, lazada, blibli dan bukalapak terletak pada kuadran yang sama namun tidak ada atribut yang memiliki kemiripan pada kuadran tersebut. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menyebutkan bahwa konsumen dalam memilih marketplace cenderung memilih marketplace dengan harga yang menarik, banyaknya pilihan produk yang tersedia dan keamanan dalam bertransaksi. Kata kunci : Positioning, Multidimensional scaling, Marketplace, Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Positioning, Multidimensional scaling, Marketplace, Konsumen
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Silvyana Indri Parawansa
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:04
Last Modified: 27 Jun 2022 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14692

Actions (login required)

View Item View Item