Analisis Kerja Sama Pemilik dan Penggarap Lahan Pertanian dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Desa Tajug Karangmoncol Purbalingga

Thalita, Sabrina (2022) Analisis Kerja Sama Pemilik dan Penggarap Lahan Pertanian dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Desa Tajug Karangmoncol Purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI THALITA SABRINA_1817201040.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam suatu masyarakat, terdapat sebagian mereka yang mempunyai lahan pertanian tapi tidak memiliki kemampuan untuk mengelolanya sendiri. Namun ada pula, petani yang tidak memiliki lahan. Dari situlah muncul kerja sama bagi hasil. Penelitian ini difokuskan pada rumusan masalah yang akan diselesaikan dan dicari jawabannya terkait bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap penerapan kerja sama bagi hasil antara pemilik lahan dengan petani penggarap di Desa Tajug, Karangmoncol, Purbalingga. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research (penelitian lapangan) yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan guna mengadakan penelitian apa objek yang dibahas yaitu tentang pelaksanaan akad bagi hasil penggarapan sawah di Desa Tajug Karangmoncol Purbalingga. Selain itu penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, karena dalam penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gejala secara menyeluruh melalui pengumpulan data di lapangan . dan pembahasan diketahui bahwa bentuk praktik kerja sama pengolahan lahan pertanian yang dilaksanakan di Desa Tajug Karangmoncol Purbalingga adalah akad muzara’ah. Selain itu praktik muzara’ah tersebut selaras dengan prinsip dasar etika bisnis Islam yakni; kesatuan (unity). keseimbangan (equilibrium), kehendak bebas (free will), tanggungjawab (responsibility), kebenaran (kebajikan dan kejujuran).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kerja sama, etika bisnis islam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Thalita Sabrina
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:18
Last Modified: 27 Jun 2022 04:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14668

Actions (login required)

View Item View Item