ANALISIS GOOD COOPERATIVE GOVERNANCE PADA KOPERASI MINA PANANJUNG LESTARI, KECAMATAN PANGANDARAN, KABUPATEN PANGANDARAN

Sevi, Rahmawati (2022) ANALISIS GOOD COOPERATIVE GOVERNANCE PADA KOPERASI MINA PANANJUNG LESTARI, KECAMATAN PANGANDARAN, KABUPATEN PANGANDARAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SEVI RAHMAWATI_Analisis Good Cooperative Governance pada Koperasi Mina Pananjung Lestari, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Koperasi merupakan badan usaha yang di dalamnya beranggotakan orang atau badan hukum koperasi yang kegiatannya didasarkan pada prinsip-prinsip koperasi dan juga sekaligus sebagai gerakan ekonomi masyarakat yang berdasar pada asas kekeluargaan seperti yang telah tertuang pada perundang-undangan koperasi. Good Cooperative Governance (tata kelola koperasi yang baik) merupakan suatu proses yang digunakan oleh koperasi guna meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabilitas dalam memberikan manfaat kepada anggota koperasi, baik dalam jangka pendek dan jangka panjang dan tentunya dengan tidak mengabaikan kepentingan stakeholder lainnya. Jika dilihat dari tujuannya maka penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan dari analisis good cooperative governance pada Koperasi Mina Pananjung Lestari, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran adalah sudah berhasil menerapkan keseluruhan prinsip good cooperative governance dengan sangat baik. Koperasi Mina Pananjung Lestari telah menerapkan prinsip good cooperative governance mencapai 72,24%. Namun masih terdapat beberapa indikator yang belum diterapkan dengan maksimal, meski begitu Koperasi Mina Pananjung Lestari terus berusaha untuk menerapkan prinsip good cooperative governance secara maksimal. Adapun kendala dalam melaksanakan prinsip good cooperative governance adalah kurangnya pemahaman tentang tata kelola koperasi itu sendiri dan juga tidak adanya SOP (standar operasional prosedur) yang jelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Koperasi, Good Cooperative Governance
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sevi Rahmawati
Date Deposited: 26 Jun 2022 22:12
Last Modified: 26 Jun 2022 22:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14666

Actions (login required)

View Item View Item