PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA (STUDI KASUS PADA GENERASI Z DI KOTA PURWOKERTO)

REGINA, HUSNA RASENDRYA (2022) PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA (STUDI KASUS PADA GENERASI Z DI KOTA PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
REGINA HR_PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA (Studi Kasus pada Generasi Z di Kota Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan e-commerce saat ini menunjukan kemajuan yang sangat pesat. Oleh sebab itu, e-commerce harus bisa bersaing untuk menarik perhatian konsumen. Salah satunya yaitu Tokopedia. Tokopedia menggunakan brand ambassador untuk mempromosikan dan menyampaikan pesan tentang perusahaan mereka sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Selain itu, brand image yang baik juga diperlukan untuk mempertahankan konsumen lama dan menarik konsumen baru. Hal ini disebabkan karena konsumen cenderung memilih produk dengan image yang baik dalam melakukan keputusan pembelian untuk mengurangi resiko. Adapun tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di Tokopedia pada Generasi Z di Kota Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linera berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan IBM SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan ini menunjukkan bahwa: 1) Brand Ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia; 2) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia; 3) Brand Ambassador dan Brand Image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Brand ambassador dan Brand image berpengaruh sebesar 30,5% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 69,5% dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Brand Image, Keputusan Pembelian
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Regina Husna Rasendrya
Date Deposited: 26 Jun 2022 07:13
Last Modified: 26 Jun 2022 07:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14660

Actions (login required)

View Item View Item