ANALISIS STRATEGI PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PROGRAM MEKAAR DI PT PERMODALAN NASIONAL MADANI (STUDI KASUS PADA PT PNM MEKAAR KANTOR CABANG MERSI BANYUMAS)

Yessy, Milleniari (2022) ANALISIS STRATEGI PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PROGRAM MEKAAR DI PT PERMODALAN NASIONAL MADANI (STUDI KASUS PADA PT PNM MEKAAR KANTOR CABANG MERSI BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Yessy Milleniari_Analisis Strategi Pemberdayaan UMKM Melalui Program Mekaar Di PT Permodalan Nasional Madani (Studi Kasus pada PT PNM Mekaar Kantor Cabang Mersi Banyumas).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesejahteraan merupakan suatu tahap dalam terpenuhinya kebutuhan hidup seseorang di mana orang tersebut dapat merasa cukup dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membangun perekonomian yang sejahtera dan stabil yaitu melalui pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). Pemberdayaan UMKM dapat menjadi salah satu cara alternatif untuk pemerintah dalam mengetaskan kemisikinan dan pemerataan pendapatan. Banyaknya lembaga keuangan yang siap untuk memberikan modal untuk UMKM, membuat setiap lembaga keuangan harus memiliki strategi yang mampu untuk memberdayakan UMKM. PT PNM Mekaar Cabang Mersi hadir dengan program pembiayaan yang dikhususkan untuk perempuan pra sejahtera dengan strateginya untuk memberdayakan UMKM. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana strategi PT PNM Mekaar Cabang Mersi dalam melakukan pemberdayaan UMKM dan bagaimana strategi tersebut dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data mulai dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mendatangi langsung PT PNM Mekaar Cabang Mersi di Purwoketo untuk mencatat informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Kemudian wawancara dilakukan kepada Kepala Cabang, Senior Accout Officer, Accout Officer, dan juga nasabah yang bergabung dengan PT PNM Mekaar Cabang Mersi. Selanjutnya untuk dokumentasi, peneliti mengumpulkan foto-foto kegiatan pemberdayaan, struktur organisasi, dan data terkait produk Mekaar. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pembedayaan UMKM oleh PT PNM Mekaar Cabang Mersi yaitu dengan 4 aspek yakni pemungkinan, penguatan, penyokongan, perlindungan dan pemeliharaan melalui strategi sosialisasi, stategi pembiayaan, strategi pendampingan, dan pemberian motivasi. Strategi pembiayaan PT PNM Mekaar Cabang Mersi menggunakan pembiayaan berbasis syariah dengan 2 akad yaitu, wakalah dan murabahah dengan menggunakan sistem tanggung renteng dan tanpa jaminan. Pendampingan yang dilakukan bukan hanya sebatas pendampingan usaha akan tetapi pendampingan yang disisipkan dengan pemberian motivasi secara konseptual dan religius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PNM Mekaar, Strategi Pemberdayaan, UMKM
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Yessy Milleniari
Date Deposited: 26 Jun 2022 06:52
Last Modified: 26 Jun 2022 06:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14649

Actions (login required)

View Item View Item