ANALISIS ISI BUKU TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 TEMA 2 UNTUK SD/MI KELAS IV

Kharisma, Salsabila Robbi (2022) ANALISIS ISI BUKU TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 TEMA 2 UNTUK SD/MI KELAS IV. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KHARISMA SALSABILA ROBBI_ ANALISIS ISI BUKU TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 TEMA 2 UNTUK SD MI KELAS IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Buku tematik terpadu adalah buku pelajaran yang ditujukan untuk peserta didik pada jenjang sekolah dasar, memuat materi yang disusun secara sistematis serta menjadi sumber dan media yang sangat penting untuk mendukung tercapainya kompetensi yang menjadi tujuan pembelajaran. Melihat pentingnya buku tematik terpadu untuk pembelajaran pada jenjang sekolah dasar maka perlu di analisis kelayakan isi/materinya dengan tujuan untuk mengetahui ketepatan dan kesesuaian dalam penyusunan buku teks siswa berdasarkan KI dan KD. Metode dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penulisan analisis isi (content analysis). Penelitian ini sumber primer yang digunakan adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 Untuk SD/MI Kelas IV dan referensi lain yang relevan mejadi sumber skunder. Dalam penelitian ini menggunakan metoe pengumpulan data study documentasi yang berpedoman kepada dimensi spiritual, dimensi sosial, dimensi pengetahuan, dan dimensi keterampilan yang ditetapkan oleh BSNP. Selanjutnya, Setelah data terkumpul, dilakukan analisis dengan memberikan skoring dan mendeskripsikan keadaan isi/materi dan memberikan catatan pada buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema 2 untuk SD/MI kelas IV dan menghitung persentase dari setiap aspek. Hasil analisis pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 Untuk SD/MI Kelas IV adalah sebagai berikut: (1) Kelayakan pada dimensi spiritual adalah sebesar 75,83% atau pada kategori layak. (2) Kelayakan pada dimensi sosial adalah sebesar 100% atau pada kategori sangat layak. (3) Kelayakan pada dimensi pengetahuan adalah sebesar 87,49% atau pada kategori sangat layak. (4) Kelayakan pada dimensi keterampilan adalah sebesar 87,5% atau pada kategori sangat layak. Kata Kunci : Analisis Isi, Buku Tematik Terpadu, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi, Buku Tematik Terpadu, Kurikulum 2013
Subjects: 000 Generalities > 002 The book
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
800 Literature and rhetoric > 808 Rhetoric and collections of literature
800 Literature and rhetoric > 810 Kesusatraan Indonesia
800 Literature and rhetoric > 890 Literatures of other languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kharisma Salsabila Robbi
Date Deposited: 26 Jun 2022 00:16
Last Modified: 26 Jun 2022 00:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14641

Actions (login required)

View Item View Item