HENI MARWATI, 102338168 (2015) MEDIA PEMBELAJARAN BIDANG PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI RAUDHATUL ATHFAL DIPONEGORO 176 BANJARSARI KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
Text
HENI MARWATI_MEDIA PEMBELAJARAN BIDANG PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI RAUDHATUL ATHFAL DIPONEGORO 176 BANJARSARI KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (858kB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Fungsi media antara lain dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar; meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat dapat menimbulkan motivasi belajar. Pembelajaran bidang Pengembangan Nilainilai Agama dan Moral adalah salah satu bidang pengembangan di Raudhatul Athfal yang bertujuan untuk bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan YME dan membina sikap anak dalam rangka meletakkan dasar agar anak menjadi warga negara yang baik Penelitian tentang Media Pembelajaran Bidang Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral di Raudhatul Athfal Diponegoro 176 Banjarsari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, fokus penelitiannya adalah “Bagaimana Penggunaan Media Pembelajaran Bidang Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral di Raudhatul Athfal Diponegoro 176 Banjarsari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas?”. Dalam Penelitian ini digunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: (1) Metode Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang penggunaan media pembelajaran bidang Pengembangan Nilai Agama dan Moral, (2) Metode Wawancara dilakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penggunaan media pembelajaran bidang Pengembangan Nilai Agama dan Moral, (3) Metode Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang sejarah berdiri, keadaan siswa dan guru, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) dan Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan evaluasi Pembelajaran Nilai Agama dan Moral. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, dapat dimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran bidang Pengembangan Nilai Agama dan Moral yang dilaksanakan di RA Diponegoro 176 Banjarsari Kecamatan Ajibarang sudah berjalan dengan baik. Media yang digunakan antara lain: iqra‟, jus „amma, buku cerita, LKS, gambar huruf Hijaiyyah, gambar tata cara wudhu, gambar tata cara shalat, tulisan bacaan do‟a shalat, tulisan huruf Hijaiyyah, VCD, tape recorder, dan lain-lain yang digunakan sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Bidang Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral, Raudhatul Athfal |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 06:45 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 06:45 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1464 |
Actions (login required)
View Item |