EVALUASI GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KAYANYA NEGERIKU DI MI MUHAMMADIYAH LARANGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA

Triyuni, Triyuni (2022) EVALUASI GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KAYANYA NEGERIKU DI MI MUHAMMADIYAH LARANGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UIN SAIZU.

[img]
Preview
Text
ilovepdf_merged (3).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu usaha untuk mengoptimalkan pembelajaran adalah dengan cara memperbaiki pengajaran yang banyak dipengaruhi oleh guru, karena pengajaran adalah suatu sistem, maka perbaikannya harus mencakup keseluruhan komponen penting di antaranya adalah tujuan, materi dan evaluasi. Evaluasi merupakan salah komponen penting dan tahap yang harus ditempuh oleh guru untuk mengetahui keefektifan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dapat dijadikan balikan (feed back) bagi guru dalam memperbaiki dan menyempurnakan program dan kegiatan pembelajaran. Tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi yang dilakukan oleh guru kelas V pada pembelajaran tematik tema kayanya negeriku di MI Muhammadiyah Larangan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi yang bersifat deskriptif, yaitu dengan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek apa adanya. Objek dalam penelitian ini adalah evaluasi yang dilakukan guru kelas V dalam pembelajaran tematik tema kayanya negeriku. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti dalam menganalisis data menggunakan model yang dikembangkan Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data diperoleh dari melelui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil yang data yang diperoleh dari penelitian yang berjudul “Evaluasi Guru Kelas dalam Pembelajaran Tematik Tema Kekayaan Negeriku di MI Muhammadiyah Larangan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga” antara lain sebagai berikut : Bahwa evaluasi pembelajaran tema kanyanya negeriku dilakukan melalui beberapa tahap yaitu, 1) Perencanaan evaluasi, yang meliputi: menentukan tujuan evaluasi, menyusun kisi-kisi, menulis soal, uji coba dan analisis soal, merevisi dan merakit soal. 2) Pelaksanaan evaluasi, yaitu menggunakan CBT (Computer Based Test). 3) Hasil evaluasi, adalah hasil yang dapat dilihat langsung oleh siswa melalui aplikasi CBT dan guru melaporkan hasil evaluasi dalam bentuk leger dan raport. Dalam evaluasi pembelajaran ini juga ditemukan beberapa kendala antara lain: 1) Madrasah belum memiliki perangkat komputer maupun laptop yang memadai sehingga sebagian siswa melakukan evaluasi dengan menggunakan hand phone. 2) Penggunaan hand phone dalam evaluasi pembelajaran terdapat kelamahan yaitu ukuran layarnya yang kecil sehingga sulit bagi siswa untuk membaca tulisan yang tertera. 3) Tidak semua siswa memiliki hand phone sehingga madrasah harus meminjam kepada guru. 4) Beberapa siswa belum terbiasa dengan penggunaan perangkat komputer sehingga dalam pelaksanaan ujian siswa sering bertanya hal-hal yang bersifat teknis. 5) Guru kesulitan ketika melakukan setting jaringan di server.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran, Tematik.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: TRIYUNI TRIYUNI sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:23
Last Modified: 27 Jun 2022 02:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14638

Actions (login required)

View Item View Item