Anita, Apriani (2022) IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM DI OMAH WIJAYA KUSUMA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
ANITA APRIANI_IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM DI OMAH WIJAYA KUSUMA PURWOKERTO.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Bisnis dengan segala bentuknya ternyata tanpa disadari telah terjadi dan menyelimuti aktivitas dan kegiatan kita setiap harinya. Dalam realitas bisnis sekarang ini, banyak muncul anggapan bahwa antara bisnis dengan etika tidak memiliki keterkaitan. Padahal bisnis dan etika tidak seharusnya dipandang sebagai dua hal yang tidak memiliki keterkaitan. Sebab, bisnis yang merupakan salah satu simbol duniawi juga merupakan bagian dari hal-hal yang berorientasi akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi prinsip-prinsip etika bisnis Islam di Omah Wijaya Kusuma Purwokerto. Selain itu, penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian yang berbentuk deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 3 tahapan analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi prinsip-prinsip etika bisnis yang dilakukan oleh Omah Wijaya Kusuma Purwokerto pada umumnya telah sesuai dengan etika bisnis yang diajarkan dalam Islam dilihat dari sikap mereka yang selalu berusaha melibatkan Allah SWT, bertindak adil dalam menjalankan kegiatan bisnis seperti dalam hal takar menakar dan penentuan harga jual, memberikan kebebasan terhadap semua pelaku bisnis dalam membuat perjanjian dengan tetap memerhatikan batasan-batasan yang tidak bertentangan dengan syariat Islam, melakukan pencatatan atas setiap transaksi keuangan, dan secara optimal memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan atau konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Economic and professional ethics 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 177 Ethics of social relations 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 178 Ethics of consumption 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Anita Apriani sdri |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 04:22 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 04:22 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |