PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY (MPA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMK N 3 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Alvia, Indriani (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY (MPA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMK N 3 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ALVIA INDRIANI_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MARKET PL ACE ACTIVITY (MPA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMK N 3 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh model pembelajaran market place activity (MPA) pada mata pelajaran Pai dan Budi pekerti terhadap hasil belajar di kelas X SMK N 3 Purwokerto yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dalam hasil belajar peserta didik yang dijar menggunakan model pembelajaran market place activity pada poko bahasan Pai dan Budi pekerti di kelas X SMK N 3 Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Populasi dari penelitian disini berasal dari kelas X SMK N 3 Purwokerto yang berjumlah 324 siswa dengan sampel sebanyak 29 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda yaitu soal pretest dan postest, serta dokumentasi hasil belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil belajar yang diperoleh dari analisis deskriptif sebelum diterapkan model pembelajaran market place activity (MPA) pada kelas kontrol masuk dalam kategori cukup baik yaitu memiliki nilai rata-rata 69,65, dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 80. Sedangkan hasil analisis deskriptif setelah menerapkan model pembelajaran market place activity (MPA) pada kelas eksperimen masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 92,24 dengan nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 100. Sedangkan analisis statistik inferensial diperoleh nilai sig. 0,000 < 0.05 sehingga h1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran market place activity terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMK N 3 Purwokerto. Kata kunci : pengaruh, model pembelajaran market place activity (MPA), hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model pembelajaran market place activity (MPA), hasil belajar
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alvia ndriani sdri
Date Deposited: 25 Jun 2022 03:35
Last Modified: 25 Jun 2022 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14594

Actions (login required)

View Item View Item