Peran Pendidikan Perkoperasian dalam Memoderasi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Motivasi Berkoperasi terhadap Partisipasi Anggota (Studi Kasus KPRI Mempeng Purbalingga)

Pratiwi, Ilandini (2022) Peran Pendidikan Perkoperasian dalam Memoderasi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Motivasi Berkoperasi terhadap Partisipasi Anggota (Studi Kasus KPRI Mempeng Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Pratiwi Ilandini_Peran Pendidikan Perkoperasian dalam Memoderasi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Motivasi Berkoperasi terhadap Partisipasi Anggota (Studi Kasus KPRI Mempeng Purbalingga).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Faktor terpenting dalam mendorong keberhasilan atau pertumbuhan sebuah organisasi termasuk koperasi adalah partisipasi anggota. Di KPRI Mempeng, partisipasi anggota dalam mengikuti kegiatan koperasi masih rendah. Hal tersebut menyebabkan KPRI Mempeng lambat untuk bertumbuh. Faktor faktor yang dapat mempengaruhi partisipasi anggota yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Dimana variabel kualitas pelayanan dan mtotivasi berkoperasi itu masuk ke dalam faktor intern. Dengan adanya pendidikan perkoperasian, anggota dan pengelola memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai koperasi, hal tersebut dapat mempengaruhi perilaku berkoperasi. Pendidikan perkoperasian dapat meningkatkan tanggung jawab anggota koperasi terhadap hak, kewajiban dan manfaat sebagai anggota koperasi serta dapat meningkatkan kemampuan mengelola usaha koperasi. Oleh karena itu, pendidikan perkoperasian dijadikan sebagai variabel moderasi dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota, pengaruh motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota, apakah pendidikan perkoperasian memoderasi secara signifikan pengaruh kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota dan apakah pendidikan perkoperasian memoderasi secara signifikan pengaruh motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu anggota KPRI Mempeng, dengan jumlah sampel sebanyak 142 responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Metode analisis data menggunakan analisis regresi ordinal dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan alat bantu aplikasi SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) berpengaruh dan signifikan terhadap partisipasi anggota (Y) dan motivasi berkoperasi (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap partisipasi anggota (Y). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pendidikan perkoperasian (Z) memoderasi secara signifikan pengaruh kualitas pelayanan (X1) terhadap partisipasi anggota (Y) studi kasus KPRI Mempeng Purbalingga dan pendidikan perkoperasian (Z) memoderasi secara signifikan pengaruh motivasi berkoperasi (X2) terhadap partisipasi anggota (Y) studi kasus KPRI Mempeng Purbalingga. Konsep sebuah koperasi yang dikemukakan oleh Bung Hatta sangat sesuai dengan sistem ekonomi syariah, yaitu syirkah. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa pentingnya memberikan pelayanan yang berkualitas kepada orang lain sesuai dengan yang diajarkan oleh Islam. Motivasi juga memiliki peran penting untuk diri manusia itu sendiri, karena tidak akan ada yang dapat memenuhi kebutuhan kita kecuali dengan melakukan sebuah usaha untuk meraihnya. Dalam Islam, pendidikan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan, Islam mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu pengetahuan sepanjang hayat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi anggota, Kualitas Pelayanan, Motivasi Berkoperasi, Pendidikan Perkoperasian, Variabel Moderasi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Pratiwi Ilandini
Date Deposited: 25 Jun 2022 04:52
Last Modified: 25 Jun 2022 04:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14592

Actions (login required)

View Item View Item