ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PARIWISATA SYARIAH BERBASIS SMART TOURISM PADA MASJID CHENG HO PURBALINGGA

Fitri, Listiani (2022) ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PARIWISATA SYARIAH BERBASIS SMART TOURISM PADA MASJID CHENG HO PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Fitri Listiani_Analisis Potensi Pengembangan Pariwisata Syariah Berbasis Smart Tourism Pada Masjid Cheng Ho Purbalingga.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Konsep syariah sekarang kini menjadi tren di berbagai bidang, termasuk kuliner, fashion, bahkan industri pariwisata. Menurut GMTI (Global Muslim Travel Index), Indonesia merupakan destinasi wisata syariah kedua di dunia. Jawa Tengah, lebih tepatnya Kabupaten Purbalingga, merupakan salah satu destinasi wisata syariah di Indonesia yang mempunyai potensi yang dapat dikembangkan. Di sisi lain, perkembangan teknologi yang pesat membuat pariwisata dapat diakses tidak hanya melalui surat kabar, brosur, dan majalah, tetapi juga melalui akses internet. Kabupaten Purbalingga yang memiliki potensi wisata syariah juga sudah mengedepankan teknologi dengan konsep smart city sejak tahun 2019. Konsep smart city Kabupaten Purbalingga menekankan pada pencapaian dalam beberapa dimensi, salah satunya adalah smart tourism. Dari latar belakang tersebut peneliti menggunakan rumusan masalah ialah (1) Bagaimana potensi pariwisata syariah berbasis smart tourism pada masjid Cheng Ho Purbalingga? (2) Bagaimana pemetaan potensi pengembangan pariwisata berbasis smart tourism di Kabupaten Purbalingga? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengindentifikasi potensi pariwisata syariah berbasis smart tourism pada masjid Cheng Ho Purbalingga serta pemetaan potensi pengembangan pariwisata berbasis smart tourism di Kabupaten Purbalingga. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Masjid Cheng Ho Purbalingga selain untuk dijadikan tempat beribadah juga untuk berwisata, yang memiliki potensi menarik dan unik pada cerita sejarah Cheng Ho itu sendiri. Selain itu, dari segi fasilitas pun juga disediakan sebagai penunjang kenyamanan dan kebutuhan para wisatawan. Namun, tidak berkembang sebagaimana mestinya. Penerapan smart tourism pada Masjid Cheng Ho Purbalingga belum terlaksana sebab banyaknya hambatan dari segi keuangan dan kurangnya dukungan dari pemerintah terkait baik secara material maupun sumbangan pikiran. (2) Pemetaan smart tourism yang dilakukan berdasarkan dari segi pengelola. Penerapan smart tourism pada Purbalingga berbentuk website. Namun, pengembangannya belum sepenuhnya berjalan efektif. Selain website, Dinas Pariwisata Purbalingga juga menggunakan media sosial dinas, brosur dan buku katalog “Purbalingga Memikat” sebagai media promosi pariwisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Potensi, Pariwisata Syariah, Smart Tourism
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitri Listiani
Date Deposited: 25 Jun 2022 00:38
Last Modified: 25 Jun 2022 00:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14579

Actions (login required)

View Item View Item