KONTEKSTUALISASI NILAI SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH DALAM NOVEL WA’ALAIKUMUSSALAM PELENGKAP IMAN KARYA IMA MADANIAH (ANALISIS HERMENEUTIKA INTERPRETASI PAUL RICOEUR)

Arif, Hidayat (2022) KONTEKSTUALISASI NILAI SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH DALAM NOVEL WA’ALAIKUMUSSALAM PELENGKAP IMAN KARYA IMA MADANIAH (ANALISIS HERMENEUTIKA INTERPRETASI PAUL RICOEUR). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Arif Hidayat, Kontekstualisasi Nilai Sakinah Mawaddah Warahmah dalam Novel Wa’alaikumussalam Pelengkap Iman Karya Ima Madaniah (Analisis Hermeneutika Interpretasi Paul Ricoeur).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membicarakan tentang kontekstualisasi nilai-nilai sakinah mawaddah warahmah dalam novel Wa’alaikumussalam Pelengkap Iman dengan mendeskripsikan implementasi dalam rumah tangga menggunakan kajian Interpretasi Paul Ricoeur mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam novel. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang menggunakan metode kualitatif, dimana dalam proses pencarian sumber data tidak terjun ke lapangan melainkan dengan memperoleh data dari sumber tertulis yang relevan dengan permasalahan yang dibahas. Penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder, sumber primer yang didapat dari buku novel Wa’alaikumussalam Pelengkap Iman karya Ima Madaniah, adapun sumber data sekunder bersumber dari buku-buku, jurnal, ataupun karya ilmiyah lainnya, yang relevan dan menunjang dalam penyempurnaan data primer. Dalam menganalisis data menggunakan analisis hermeneutika interpretasi Paul Ricoeur untuk mencari nilai sakinah mawaddah warahmah dalam novel Wa’alaikumussalam Pelengkap Iman Hasil penelitian menunjukan bahwa novel tersebut memiliki beberapa nilai sakinah mawaddah warahmah yang dapat dijadikan pelajaran bagi pembacanya dalam mempertahankan rumah tangga diantaranya: 1) melindungi pasangan, diantara bentuk melindungi pasangan yaitu dengan tidak saling menyakiti dan menjaga perasaan pasangan, merawat pasangan saat sakit. 2) saling terbuka. 3) saling menghargai. 4) menjaga komunikasi dengan menggunakan panggilan sayang. 5) taat. 6) saling mencintai dan sadar bahwa cinta adalah fitrah. 7) saling menutup aib pasangan. 8) saling mendo’akan pasangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontekstualisasi, Novel Wa’alaikumussalam Pelengkap Iman, Sakinah Mawaddah Warahmah, Hermeneutika Interpretasi.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Arif Hidayat sdr
Date Deposited: 24 Jun 2022 23:50
Last Modified: 24 Jun 2022 23:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14570

Actions (login required)

View Item View Item