PENETAPAN NISBAH PROFIT SHARING DALAM KERJASAMA MUDARABAH MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS KOPERASI JASA KEUANGAN SYARI'AH BMT EL MENTARI CABANG KARANGWANGKAL PURWOKERTO)

Siti, Nur Asih (2022) PENETAPAN NISBAH PROFIT SHARING DALAM KERJASAMA MUDARABAH MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS KOPERASI JASA KEUANGAN SYARI'AH BMT EL MENTARI CABANG KARANGWANGKAL PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI NUR ASIH_HES_1522301088.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mud}a>rabah adalah kerjasama antara pemilik modal (s}ha>il bul al ma>l) dan orang yang mempunyai keahlian atau keterampilan (mud}a>rib) untuk mengelola suatu usaha yang produktif dan halal dimana hasil keuntungan dari penggunaan dana tersebut dibagi bersama berdasarkan nisbah yang disepakati, dan jika terjadi kerugian akan ditanggung oleh s}ha>il bul al ma>l. Dalam mud}a>rabah antara pemilik modal (s}ha>il bul al ma>l) dan pengelola (mud}a>rib) berpotensi sama-sama mendapatkan keuntungan, disisi lain kedua belah pihak juga berpotensi mendapat kerugian. Namun apabila terjadi kerugian yang disebabkan oleh kecurangan atau kelalaian mud}a>rib, maka mud}a>rib harus bertanggungjawab atas kerugian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara penetapan nisbah bagi hasil dalam kerjasama mud}a>rabah yang menggunakan prinsip profit sharing BMT El Mentari Karangwangkal. Pada BMT El Mentari Karangwangkal dalam memberikan keuntungan dengan perhitungan bagi hasil menggunakan prinsip bagi hasil yang telah ditentukan dengan proporsional antara s}ha>il bul al ma>l dan mud}a<rib. Pendanaan ini dapat dikatakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan dana dari bagian operasional dalam produk. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan dalam kancah kehidupan yang sebenarnya dengan metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan motede triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, prosedur penetapan nisbah bagi-hasil dalam kerjasama mud}a>rabah di koperasi jasa keuangan syari’ah di BMT El Mentari Karangwangkal Purwokerto semua rukun dan syarat terpenuhi akan tetapi ketentuan nisbah ditetapkan langsung oleh kesepakatan bersama manajemen. Kedua, tinjuan hukum ekonomi syari’ah terhadap penetepan nisbah bagi-hasil dalam kerjasama mud}a>rabah di koperasi jasa keuangan syari’ah BMT El Mentari Karangwangkal Purwokerto tentang penetapan bagi hasil dengan akad mud}a>rabah pada produk simpanan yang ada di bmt yaitu syarat pada akad mud}a>rabah sudah sangat jelas bahwa sistem bagi hasil sudah diterapkan kesepakatan bersama manajemen dan nasabah yang ketentuan nisbahnya disesuaikan dengan tingkat pendapatan nasabah. Kata Kunci: Profit sharing, Pendanaan, Hukum Ekonomi Syari’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profit Sharing, Pendanaan, Hukum Ekonomi Syari'ah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x0 Islam (Umum) > 2x0.5 Islam dan Ilmu Murni
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Nur Asih sdri
Date Deposited: 25 Jun 2022 03:42
Last Modified: 25 Jun 2022 03:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14558

Actions (login required)

View Item View Item