Pengaruh Kualitas Harga, Promosi, Lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk gadai emas. Studi kasus pada nasabah PT Pegadaian (Persero) UPC Sumpiuh Banyumas.

Suwarti, Suwarti (2022) Pengaruh Kualitas Harga, Promosi, Lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk gadai emas. Studi kasus pada nasabah PT Pegadaian (Persero) UPC Sumpiuh Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUWARTI_1817201245-1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pegadaian merupakan lembaga keuangan bukan bank yang bergerak dalam bidang pembiayaan kredit (memberikan pinjaman) kepada masyarakat atas dasar hukum gadai. Dengan membawa jaminan barang bergerak ke pegadaian nasabah dapat menerima uang pinjaman melalui produk gadai KCA (Kredit Cepat Aman) yang berupa emas untuk mengatasi segala kebutuhan saat mengalami keterbatasan uang. Di dalam PT Pegadaian (Persero) UPC Sumpiuh-Banyumas terdapat istilah sewa modal yang merupakan jumlah uang yang menjadi kewajiban nasabah pada pihak pegadaian sebagai akibat pinjaman yang diterima oleh nasabah besarnya dihitung berdasarkan tarif dan jangka waktu tertentu. Jangka waktu pinjaman maksimal empat bulan dan dapat diperpanjang dengan membayar sewa modal saja atau mengangsur uang pinjaman, sewa modal kredit biasa atau disebut bunga. Dengan diketahuinya keinginan dan kebutuhan nasabah serta lingkungan pemasaran yang memengaruhinya memudahkan peminjaman untuk melakukan strategi guna menarik minat nasabah. Strategi yang dilakukan yaitu strategi bauran pemasaran yang meliputi kualitas harga, promosi, lokasi dan kualitas pelayanan. Kualitas harga dapat dilihat dari barang yang digadaikan. Apabila barang yang digadaikan berkualitas maka harga peminjamannya akan semakin tinggi dan sebaliknya. Untuk menarik minat nasabah harus menentukan lokasi yang strategis karena penentuan lokasi kantor bersama sarana dan prasarana menjadi sangat penting. Hal ini disebabkan agar nasabah dapat menjangkau lokasi dengan mudah karena apabila lokasi tidak strategis akan mengurangi minat nasabah yang berhubungan dengan kantor. Promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Kualitas pelayanan merupakan perilaku produsen dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah demi tercapainya kepuasan pada nasabah itu sendiri.Dalam penelitian ini, masalah umum yang dikemukakan adalah bagaimana tingkat keputusan nasabah dalam memilih produk gadai emas apakah berpengaruh karena kualitas harga, promosi, lokasi atau kualitas pelayanannya. Berdasarkan tujuannya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu tingkat keputusan nasabah. Data penelitian dikumpulkan menggunakkan kuisioner kepada 100 responden. Kemudian data dianalisis dengan statistik sederhana yaitu prosentase, uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, uji t dan uji f.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kualitas harga, promosi, lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk gadai emas pada nasabah PT Pegadaian (Persero) UPC Sumpiuh-Banyumas. Diharapakan PT Pegadaian (Persero) UPC Sumpiuh-Banyumas mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas harga, promosi, lokasi dan kualitas pelayanan yang menarik karena pada dasarnya pada hasil penelitian ini faktor promosilah yang paling mempengaruhi terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk gadai emas. Untuk penelitian selanjutnya diharapakan dapat menggunakan variabel yang lebih varian lagi diluar varian kualitas harga, promosi, lokasi dan kualitas pelayanan yang berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk gadai emas pada nasabah PT Pegadaian (Persero) UPC Sumpiuh-Banyumas. Hal ini dikarenakan dalam penelitian, keempat variabel tersebut mampu menjelaskan 64,5 % variasi keputusan nasabah. Kata Kunci : Kualitas Harga, Promosi, Lokasi , Kualitas pelayanan, Keputusan Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas harga, promosi, lokasi, kualitas oelayanan dan keputusan nasabah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.4 Kedudukan Wanita dalam Islam
Depositing User: Suwarti Suwarti sdri
Date Deposited: 25 Jun 2022 08:57
Last Modified: 25 Jun 2022 08:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14524

Actions (login required)

View Item View Item