STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MOVING CLASS DAN LINTAS MINAT DI SMA NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA

Vivi Nurbaeti, 1123301216 (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MOVING CLASS DAN LINTAS MINAT DI SMA NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
VIVI NURBAETI_STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MOVING CLASS DAN LINTAS MINAT DI SMA NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER,BAB I,BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (819kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moving Class dan Lintas Minat di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara. Semua hal tersebut dilatarbelakangi dari pesatnya kemajuan sekolah-sekolah di era modern. Setiap sekolah memiliki dan menerapkan inovasi Strategi Pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam ruangan kelas. Dengan adanya Moving Class diharapkan siswa akan merubah gaya belajar dari yang pasif menjadi belajar aktif. Pada sistem Moving Class ini guru mempunyai wewenang penuh untuk mengelola kelas sesuai karakteristik mata pelajaran sehingga diharapkan memberikan motivasi dan hasil belajar yang lebih baik. Sedangkan Lintas Minat merupakan metode yang baru dan hampir sama dengan Moving Class yaitu sama-sama berpindah kelas akan tetapi Lintas Minat di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara merupakan gaya belajar modern yaitu gaya belajar yang lebih mengarah ke jurusan dan ilmu keislaman. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dimana penelitian lapangan ini bersifat kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan & menginterprestasikan objek secara apa adanya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa melaksanakan sistem moving class dan lintas minat dengan baik. Hai itu dibuktikan dengan antusias siswasiswa dalam melaksanakan sistem tersebut. Faktor pendukung diantaranya yaitu kepemimpinan kepala sekolah yang selalu konsen dengan pendidikan, tersedianya sarana pembelajaran yang memadai, semangat guru dalam mencari referensi yang up to date dan mengikuti perkembangan teknologi, semangat belajar siswa. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat diantaranya yaitu keterlambatan siswa memasuki ruang kelas, masih kurangnya ketersediaan ruang kelas pribadi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa strategi pembelajaran moving class dan lintas minat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memberikan konstribusi yang positif terhadap motivasi, kedisiplinan, semangat dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan-masukan untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara, yang memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan beriman, bertakwa, berbudi, berprestasi dan mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Moving Class, Lintas Minat.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:44
Last Modified: 02 Nov 2016 07:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1449

Actions (login required)

View Item View Item