PENGARUH PROMOSI, PERSEPSI KEMUDAHAN, KUALITAS INFORMASI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP(STUDI KASUS MAHASISWA UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Zuyyana, Ulfa Agustina (2022) PENGARUH PROMOSI, PERSEPSI KEMUDAHAN, KUALITAS INFORMASI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP(STUDI KASUS MAHASISWA UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ZUYYANA ULFA AGUSTINA_PENGARUH PROMOSI, PERSEPSI KEMUDAHAN, KUALITAS INFORMASI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP (Studi Kasus Mahasiswa UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2019 mencapai 143,26 juta jiwa dengan prediksi yang terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin baik. Teknologi informasi bukan hanya dapat dimanfaatkan sebagai alat komunikasi saja, melainkan dapat digunakan sebagai media bisnis seperti jual beli. Hal ini mendorong munculnya berbagai e-commerce di Indonesia salah satunya adalah TikTok Shop. Hal ini juga yang mendorong adanya pergeseran perilaku konsumen dari semula offline, konsumen dapat memilih berbelanja secara online. Perilaku konsumen sangat penting untuk e-commerce meskipun banyak strategi pemasaran dirancang untuk mempengaruhi reaksi emotional dan kepercayaan konsumen, strategi tersebut pada akhirnya harus berujung pada perilaku terbuka konsumen yang sangat bernilai salah satunya memahami perilaku konsumen pada e-commerce TikTok Shop. Faktor yang dapat mempengaruhi minat beli pada seorang konsumen menurut Kotler dan Keller, adalah faktor sikap orang lain, faktor tersebut berhubungan dengan bagaimana sikap konsumen terhadap intensitas dari sifat negatif orang lain dan juga bagaimana motivasi konsumen untuk mengikuti sikap orang lain. Selanjutnya adalah faktor situasi yang tidak terantisipas, faktor ini melihat dari bagaimana rasa percaya diri konsumen, apakah akan memiliki minat pembelian dan selanjutnya akan memutuskan membeli barangnya atau tidak. Faktor-faktor tersebut mempunyai penjabaran yang luas termasuk variabel-variabel penelitian yang peneliti ambil, tetapi peneliti juga menemukan fakta pada e-commerce TikTok Shop yang tidak sesuai dengan teori yang ada. Variabel yang diambil peneliti adalah Promosi, Persepsi Kemudahan, Kualitas Informasi dan Kepercayan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif (field reasearch). Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto yang mengetahui tentang E-Commerce TikTok Shop. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi Rank Spearman, Konkordansi Kendall W, dan Analisis Regresi Ordinal dengan alat bantu SPSS. Hasil uji Korelasi Rank Spearman menunjukkan variabel Promosi, Persepsi Kemudahan, Kualitas Informasi, dan Kepercayaan memiliki korelasi positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli pada E-Commerce TikTok Shop. Kemudian dalam uji Konkordasi Kendall W menunjukkan hubungan yang sangat kuat dan berpengaruh secara simultan terhadap minat beli pada E-Commerce TikTok Shop. Hasil analisis regresi ordinal pada tabel Model Parameter Estimates menunjukkan bahwa variabel Promosi, Persepsi Kemudahan, Kualitas Informasi, dan Kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap Minat Beli pada E-Commerce TikTok Shop. Jadi, Kesimpulannya adalah Variabel Promosi, Persepsi Kemudahan, Kualitas Informasi, dan Kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Minat Beli pada Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto pada E-Commerce TikTok Shop. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Minat Beli, Promosi, Persepsi Kemudahan, Kualitas Informasi, Kepercayaan, TikTok Shop.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Minat Beli, Promosi, Persepsi Kemudahan, Kualitas Informasi, Kepercayaan, TikTok Shop.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Zuyyana Ulfa Agustina sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 18:06
Last Modified: 24 Jun 2022 18:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14477

Actions (login required)

View Item View Item