PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Maulida, Ulya Rayya Khuzama (2022) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUNING SETIANA_PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran penting dalam peningkatan hasil belajar. Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran merupakan salah satu upaya menumbuhkan motivasi belajar yang pada akhirnya hasil belajar siswa meningkat. Dalam pembelajaran, penggunaan media digital menjadi perantara memaksimalkan proses belajar yang disampaikan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis dari pemanfaatan media pembelajaran digital di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. . Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan jenisnya adalah kualitatif Data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti jabarkan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi, maka kesimpulan dari Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital di MI Istiqomah Sambas Purbalingga bahwasanya, untuk pembelajaran di MI Istiqomah Sambas Purbalingga sudah menggunakan berbagai media digital yang dibuat oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar terutama pada masa pandemi seperti saat ini dengan memperhatikan konsep pembelajaran yang meliputi perencanaan (persiapan), pelaksanan dan tentunya evaluasi. Mulai dari aktivitas Perencanaan, di MI Istiqomah Sambas Purbalingga sebelum melaksanakan pembelajaran, guru sudah menyiapakan silabus dan RPP, untuk tahap pelaksanaan proses pelaksanaan pembelajaran di MI Istiqomah Sambas Purbalingga sudah memanfaatkan media pembelajaran digital. Pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bagaimana keterampilan guru ketika melaksanakan pembelajaran melalui media digital. Tahap evaluasi pembelajaran digital yang dilaksanakan oleh guru MI Istiqomah Sambas sudah sesuai untuk menentukan capaian nilai keberhasilan belajar peserta didik setelah menjalankan proses belajar mengajar selama satu periode tertentu

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Konsep Pembelajaran, Media Digital
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuning Setiana sdri
Date Deposited: 25 Jun 2022 00:08
Last Modified: 25 Jun 2022 00:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14459

Actions (login required)

View Item View Item