PEMANFAATAN MEDIA FILM KARTUN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV MI MA'ARIF NU BLATER KALIMANAH PURBALINGGA

Umi, Hidayatun (2022) PEMANFAATAN MEDIA FILM KARTUN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV MI MA'ARIF NU BLATER KALIMANAH PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
UMI HIDAYATUN_PEMANFAATAN MEDIA FILM KARTUN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV MI MA'ARIF NU BLATER KALIMANAH PURBALINGGA.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Media film kartun merupakan media yang sering ditemui oleh siswa sekolah dasar baik di televisi maupun handphone. Media ini bisa digunakan dan diarahkan dalam proses pembelajaran, diantaranya belajar menulis narasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pemanfaatan media kartun dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah pemanfaatan media film kartun dalam pembelajaran bahasa indonesia untuk mengembangkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV MI Ma'arif NU Blater Kalimanah Purbalingga. Sedangkan yang menjadi subjeknya adalah kepala sekolah, guru, siswa kelas IV MI Ma'arif NU Blater Kalimanah Purbalingga. Untuk memperoleh data dalam penelitian, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan film kartun sebagai media pembelajaran berfungsi sebagai sarana menarik perhatian siswa untuk belajar. Guru menunjukkan kepada siswa bahwa film kartun juga dapat dipelajari oleh mereka. Siswa dapat mempelajari maksud nilai moral yang dikandung dalam film kartun. Siswa dapat mempelajari Bahasa Indonesia yang digunakan dalam film kartun, berupa kalimat yang sesuai EYD, kalimat percakapan dan pengalaman hidup. Pemanfaatan film kartun dalam pembelajaran menulis narasi mengarah pada perkembangan psikomotor dan kognitif ranah C1, pengetahuan dan C2, pemahaman. Siswa menulis apa yang ia ingat dari video yang ditonton sesuai alur. Siswa menyesuaikan isi cerita dan berimprovisasi menggunakan kata-kata sendiri kedalam tulisan. Kata kunci: Film Kartun, Menulis Narasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Siswa IV MI   UTILIZATION OF CARTOON FILM MEDIA IN INDONESIAN LEARNING TO DEVELOP NARRATIVE WRITING SKILLS IN CLASS IV STUDENTS OF MI MA'ARIF NU BLATER KALIMANAH PURBALINGGA UMI HIDAYATUN NIM. 201763019 ABSTRACT Cartoon film media is a medium that is often encountered by elementary school students both on television and cellphones. This media can be used and directed in the learning process, including learning to write narratives in Indonesian language learning. The purpose of this study was to determine the use of cartoon media in learning Indonesian. This type of research is field research, namely data collection which is carried out directly at the research location. This research is a qualitative descriptive research. The object of this research is the use of cartoon film media in Indonesian language learning to develop narrative writing skills in fourth grade students of MI Ma'arif NU Blater Kalimanah Purbalingga. Meanwhile, the subjects were principals, teachers, fourth grade students of MI Ma'arif NU Blater Kalimanah Purbalingga. To obtain data in the study, the authors used the method of observation, interviews and documentation. In analyzing the data obtained from the results of the study, the authors used data analysis techniques consisting of three activity lines, namely: data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that the use of cartoon films as a learning medium served as a means of attracting students' attention to study. The teacher shows the students that cartoons can also be studied by them. Students can learn the meaning of moral values contained in cartoons. Students can learn the Indonesian language used in cartoons, in the form of sentences that match EYD, conversational sentences and life experiences. The use of cartoon films in learning to write narratives leads to psychomotor and cognitive development in the areas of C1, knowledge and C2, understanding. The student writes what he remembers from the video he watched according to the plot. Students adjust the content of the story and improvise using their own words into writing. Keywords: Cartoon Film, Narrative Writing, Indonesian Language Learning, Student IV MI

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Film Kartun, Menulis Narasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Siswa IV MI
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 410 Linguistics
400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing systems
400 Language > 420 English and Old English > 421 English writing system and phonology
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UMI HIDAYATUN sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:23
Last Modified: 24 Jun 2022 07:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14420

Actions (login required)

View Item View Item