EFEKTIFITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI MA’ARIF NU 1 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

NUR KAMILAH, 1123305042 (2015) EFEKTIFITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI MA’ARIF NU 1 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
0. ABSTRAK.doc

Download (24kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (933kB) | Preview
[img] Text
Nur Kamilah_EFEKTIFITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Efektifitas penerapan strategi pembelajaran CTL adalah tercapainya tujuan pembelajaran dari rencana yang disusun oleh guru dengan mengacu pada komponen CTL dalam menyampaikan materi selama proses pembelajaran. Sedangkan IPA merupakan suatu kumpulan teori yang sistematis, penerapannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam, lahir dan berkembang melalui metode observasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan strategi pembelajaran CTL dalam pembelajaran IPA di MI Ma’arif NU 1 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2014/2015”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan efektifitas penerapan strategi pembelajaran CTL dalam pembelajaran IPA di MI Ma’arif NU 1 Langgongsari tahun pelajaran 2014/2015. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai wawasan bagi guru untuk menggunakan metode serta penerapannya sesuai dengaan tujuan pembelajaran IPA dan sebagai wacana bagi mahasiswa IAIN Purwokerto atau bagi siapapun yang membacanya untuk digunakan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis akan menganalisis efektifitas penerapan strategi pembelajaran CTL yang digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas III dan V MI Ma’arif NU 1 Langgongsari. Subjek penelitian adalah guru kelas III dan kelas V, siswa kelas III dan V dan kepala madrasah. Penulis menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan tentang efektifitas penerapan strategi pembelajaran CTL dalam pembelajaran IPA kelas III dan V di MI Ma’arif NU 1 Langgongsari diperoleh hasil bahwa komponen CTL yang digunakan antara lain konstruktivisme, inquiry, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Penerapan strategi CTL pada kelas III berlangsung efektif dengan presentase 75% sedangkan penerapan strategi CTL pada kelas V berlangsung sangat efektif dengan presentase 83,3%. Kata Kunci: Efektifitas Penerapan Strategi CTL dalam Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 03 Nov 2016 00:47
Last Modified: 03 Nov 2016 00:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1440

Actions (login required)

View Item View Item