PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK DI MA TANBIHUL GHOFILIN KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA

NURUL, FADHILAH (2022) PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK DI MA TANBIHUL GHOFILIN KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nurul Fadhilah_ Pendidikan Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik Di MA Tanbihul Ghofilin Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter adalah usaha sengaja atau sadar untuk membantu manusia memahami, peduli tentang, dan melaksanakan nilai-nilai etika inti. Salah satu nilai karakter yang tidak kalah penting untuk ditumbuhkankembangkan pada diri peserta didik yaitu nilai peduli sosial. Tanpa adanya hubungan sosial yang baik antara satu individu dengan individu yang lain maka akan terjadi kehidupan yang individualistik dan hanya memikirkan diri sendiri tanpa menghiraukan kehidupan orang lain disekitnrnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah adalah “Bagaimana penerapan pendidikan karakter kepedulian sosial pada peserta didik  di MA Tanbihul Ghofilin Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara?”. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran yang jelas mengenai proses pendidikan karakter peduli sosial  yang dilaksanakan di MA Tanbihul Ghofilin desa Mantrianom kecamatan Bawang kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data premier yaitu kepala sekolah dan data sekunder yaitu dari guru dan siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh oleh penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter peduli sosial yang dilaksanakan MA Tanbihul Ghofilin desa Mantrianom kecamatan Bawang kabupaten Banjarnegara dengan kegiatan antara lain: kegiatan infak setiap Minggu, kegiatan senyum, sapa, dan salam / bersalam-salaman, santunan anak yatim, bantuan sosial bencana alam, dan kegiatan menengok peserta didik yang sedng sakit. Sedangkan metode yang digunakan oleh sekolah dalam membiasakan peserta didik untuk peduli terhadap lingkungan sosial yaitu dengan metode pembiasaan keteladanan, pembiasaan spontan, dan pembiasaan rutin.   Kata kunci: Pendidikan Karakter,Peduli Sosial, MA Tanbihul Ghofilin Bawang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, peduli sosial, MA Tanbihul Ghofilin
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Fadhilah
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:42
Last Modified: 24 Jun 2022 07:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14382

Actions (login required)

View Item View Item