Penerapan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Tahsin Al-Quran di Era New Normal SD IT Harapan Bunda Purwokerto

Retno, Ismaryatin (2022) Penerapan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Tahsin Al-Quran di Era New Normal SD IT Harapan Bunda Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RETNO ISMARYATIN_PENERAPAN METODE WAFA DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QURAN DI ERA NEW NORMAL SD IT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Metode Wafa merupakan metode belajar al-Quran dengan menggunakan otak kanan sehingga menghadirkan pembelajaran al-Quran yang mudah, cepat dan menyenangkan. Sedangkan Wafa di ambil dari kata Al-Wafa (الوفاء) yang artinya setia. Harapannya agar semua bisa setia terhadap al-Quran. Dalam membaca al-Quran diperlukannya mempelajari tahsin. Pembelajaran Tahsin al-Quran adalah upaya menyempurnakan bacaan al-Quran sesuai dengan sifat dan makhorijul huruf beserta kaidah hukum tajwidnya dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Tahsin Al-Quran di Era New Normal. Era New Normal adalah era di mana sebuah perubahan atau kebiasaan baru dimulai setelah sebelumnya berada pada kebiasaan di masa/era Pandemi. Peneliti memilih SD IT Harapan Bunda Purwokerto sebagai tempat penelitian karena SD IT Harapan Bunda menggunakan metode Wafa, sebagai salah satu sekolah pertama yang menggunakan metode Wafa dan menjadi Wafa Quran Centre di Kabupaten Banyumas. SD IT Harapan Bunda Purwokerto merupakan sekolah swasta yang berada dibawah naungan LPIT (Lembaga Pendidikan Islam Terpadu) Harapan Bunda Purwokerto. Sekolah ini merupakan sekolah dasar yang memiliki visi “Mewujudkan Pendidikan Dasar Berbasis Quran dan Berorientasi Pada Iptek.” Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun objek penelitian dalam skripsi ini adalah Penerapan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Tahsin Al-Quran Di Era New Normal SD IT Harapan Bunda Purwokerto. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Wafa, Pembelajaran Tahsin Al-Quran, SD IT Harapan Bunda Purwokerto.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Retno Ismaryatin
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:22
Last Modified: 24 Jun 2022 06:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14377

Actions (login required)

View Item View Item