PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA

Siti, Marjiyah (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA)
Tesis Siti Marjiyah_201763017.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter sudah tidak asing lagi didengar. Pasalnya dalam berbagai penelitian maupun kajian kajian teori (buku) sudah banyak yang membahas mengenai pendidikan karakter. Namun dalam kenyataanya karakter belum dihadirkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengutip dari hasil riset yang dilakukan oleh Boston University menunjukkan bahwa kemampuan memiliki rasa empati (karakter sosial) pada anak muda menurun 40% selama 10 tahun terakhir, dan diperkuat berita yang dilansir dari Suara.com pada hari Selasa tanggal 23 April 2019, terdapat beberapa studi terbaru yang menyatakan bahwa dewasa ini rasa empati (Peduli sosial) makin jarang ditemukan dalam diri seseorang, hal tersebut menyebabkan orang-orang cenderung bersikap apatis bahkan jumlahnya mencapai 65%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter peduli sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga.. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pegumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara, observasi dan dokumentasi serta angket. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter peduli sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial mampu mengubah karakter peserta didik lebih baik lagi. The formation of social care characters through social studies learning is carried out by including social care characters in the Learning Implementation Plan. and implemented in Direct Learning Practice (PPL) Pembentukan karakter peduli sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ini dilakukan dengan menyisipkan karakter peduli social dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. dan diimplementasikan dalam Praktek Pembelajran Langsung (PPL). Pembentukan karakter peduli sosial dilaksanakan melalui pembelajaran di kelas berupa penjelasan dari guru sesuai dengan materi peduli sosial. Selain pembelajaran di kelas pembentukan karakter peduli sosial dilakukan dengan praktek pembelajaran langsung . Setelah mendapatkan teori dari guru dan mampu mempraktekkan dalam pembelajaran langsung peserta didik menerapkan karakter peduli sosial tersebut menjadi suatu pembiasaan dan menjadi budaya di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembentukan, karakter peduli sosial, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SITI MARJIYAH sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 10:43
Last Modified: 24 Jun 2022 10:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14369

Actions (login required)

View Item View Item