AKTUALISASI LAYANAN PRIMA BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN EL-FIRA 2 KELURAHAN PURWANEGARA KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

Syehrotul, Khikmah (2022) AKTUALISASI LAYANAN PRIMA BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN EL-FIRA 2 KELURAHAN PURWANEGARA KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Syehrotul Khikmah_Aktualisasi Layanan Prima bagi Santri Pondok Pesantren El-Fira 2 Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pesantren merupakan salah satu wadah bagi para penuntut ilmu terutama dalam bidang agama. Tujuan didirikannya pesantren adalah untuk menciptakan output santri lulusan yang berkualitas dan mampu mengamalkan ilmu pesantren di masyarakat. Tidak hanya memperhatikan pembelajaran internal, dunia pesantren juga mengedepankan fasilitas layanan yang memadai bagi para santri. Salah satu fasilitas layanan terpenting dalam dunia pesantren yakni layanan prima yang memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi harapan dan kebutuhan santri serta memberikan kenyamanan dan menunjang keantusiasan belajar santri. Maka dari itu, aktualisasi layanan prima di pondok pesantren menjadi suatu kegiatan yang penting dilakukan dan perlu penekanan khusus untuk dapat meningkatkan mutu kepesantrenan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana aktualisasi layanan prima bagi santri Pondok Pesantren Modern El-Fira 2 Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskripsi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian berjumlah empat orang yaitu pengurus call center, manajer, dan dua santri Pondok Pesantren Modern El-Fira 2 Purwokerto. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktualisasi layanan prima bagi santri Pondok Pesantren Modern El-Fira 2 Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas sudah terealisasi dengan baik. Hal tersebut karena layanan tersebut telah memenuhi indikator dari layanan prima yaitu kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, dan tanggung jawab, serta telah melakukan langkah-langkah dalam mengaktualisasikan layanan prima seperti melakukan regulasi layanan, menyediakan fasilitas-fasilitas layanan, membentuk tim pengarah, memperhatikan kualitas layanan dan menerapkan harga layanan yang kompetitif. Adapun bentuk layanan prima di Pondok Pesantren Modern El-Fira 2 Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas antara lain penyedia layanan yang berkualitas dan layanan-layanan berkualitas seperti penyediaan kamar dengan berbagai tipe, transportasi antar jemput, pendaftaran online, pengaduan, ngaji on the bus, keamanan, kesehatan, dan BRI smart billing. Kata kunci: Aktualisasi,Layanan Prima,Santri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Aktualisasi,Layanan Prima,Santri
Subjects: 000 Generalities > 003 Systems
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syehrotul Khikmah sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 04:03
Last Modified: 24 Jun 2022 04:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14367

Actions (login required)

View Item View Item