IMPLEMENTASI PENDIDIKAN CINTA AL-QUR'AN MELALUI PEMBIASAAN PEMBACAAN NAẒAM KALAMUN QADIM KARYA SAYYID NURUDIN ALI BIN MUHAMMAD DI MADRASAH DINIYAH BAITUT TAAIBIN DESA LANGGONGSARI CILONGOK BANYUMAS

Aida Rosidatul, Minani (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN CINTA AL-QUR'AN MELALUI PEMBIASAAN PEMBACAAN NAẒAM KALAMUN QADIM KARYA SAYYID NURUDIN ALI BIN MUHAMMAD DI MADRASAH DINIYAH BAITUT TAAIBIN DESA LANGGONGSARI CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AIDA ROSIDATUL M 1717402179..pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Al-Qur'an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril dengan jalan mutawatir, berbahasa Arab, yang membacanya bernilai ibadah yang diawali dengan Surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan Surat An-Nash sebagai pedoman hidup manusia di dunia. Pendidikan cinta Al-Qur'an merupakan usaha sadar yang dilakukan seseorang untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya agar mempunyai kekuatan spiritual, kepribadian, kecerdasan dan akhlak yang mulia yang dibutuhkan dirinya, lingkungan sekitar, bangsa dan negara berdasarkan ajaran-ajaran dalam Al-Qur'an. Penerapan pendidikan cinta Al-Qur'an dapat dilakukan salah satunya dengan kegiatan pembiasaan pembacaan Naẓam Kalamun Qadim karya Sayyid Nurudin Ali Bin Muhammad, yang mana secara garis besar Naẓam Kalamun Qadim berisi tentang pujian terhadap Al-Qur'an, keistimewaan Al-Qur'an dan doa memohon keberkahan dari Al-Qur'an. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Al-Qur'an di Madrasah Diniyah Baitut Taaibin dan mengetahui penerapan pendidikan cinta Al-Qur'an melalui kegiatan pembiasaan pembacaan Naẓam Kalamun Qadim di Madrasah Diniyah Baitut Taaibin Desa Langgongsari Kecamatan Cilongok Banyumas. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pembelajaran Al-Qur'an yang dilakukan di Madrasah Diniyah Baitut Taaibin dilakukan menggunakan dua metode, yaitu metode 'iqra untuk anak-anak yang baru mengenal huruf hijaiyyah dan metode sorogan untuk anak-anak yang sudah bisa membaca Al-Qur'an. Adapun kegiatan pembacaan Naẓam Kalamun Qadim dilakukan sebelum pembelajaran dimulai, dengan dibaca bersama-sama yang dibimbing oleh pengajar. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Qur'an sejak dini dan berlanjut hingga dewasa sebagai bekal menjalani hidup di dunia. Kata Kunci: Pendidikan Cinta Al-Qur'an, Naẓam Kalamun Qadim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Cinta Al-Qur'an, Naẓam Kalmun Qadm Kata Kunci: Pendidikan Cinta Al-Qur'an, Naẓam Kalamun Qadim
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AIDA ROSIDATUL MINANI sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:40
Last Modified: 24 Jun 2022 03:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14356

Actions (login required)

View Item View Item