PENGARUH PERSEPSI DAN PERILAKU PEDAGANG PASAR SEMBORO MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH ( STUDI KASUS NASABAH KSPPS BMT UGT SIDOGIRI KCP SEMBORO)

Anggina Dwi, Naswati (2022) PENGARUH PERSEPSI DAN PERILAKU PEDAGANG PASAR SEMBORO MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH ( STUDI KASUS NASABAH KSPPS BMT UGT SIDOGIRI KCP SEMBORO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Anggina Dwi Naswati_ Pengaruh Persepsi dan Perilaku Pedagang Pasar Semboro Memilih Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Nasabah KSPPS BMT UGT Sidogiri KCP Semboro).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Baitul Maal wat Tamwil (BMT) merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang sangat cocok untuk menyelesaikan permasalahan keuangan. BMT menggunakan prinsip syariah dan bebas dari unsur riba yang dilarang dalam hukum Islam. BMT berfungsi sebagai pendukung peningkatan kualitas ekonomi pengusaha mikro dan pengusaha kecil berbasis sistem syariah. Berdirinya KSPPS BMT UGT Sidogiri KCP Semboro yang letaknya berada ditengah-tengah pasar Semboro, dengan produk pembiayaan murabahah yang ditawarkan oleh KSPSS BMT UGT Sidogiri KCP Semboro meringankan kebutuhan pedagang pasar Semboro. Pedagang pasar lebih memilih pembiayaan murabahah karena memang cocok untuk kebutuhan toko-tokonya, sebelum proses memilih pastinya ada hal yang dipertimbangkan yaitu persepsi dan perilaku pedagang pasar tersebut. Peneliti mengangkat permasalahan mengenai pengaruh persepsi dan perilaku pedagang pasar Semboro memilih pembiayaan Murabahah di KSPPS BMT UGT Sidogiri KCP Semboro baik secara parsial (individu) maupun simultan (Bersama-sama). Adapun tujuan dari peneliti ini yaitu untuk mengetahui pengaruh signifikan persepsi dan perilaku terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan Murabahah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis regresi ordinal. Hasil penelitian menunjukan bahwa Angka koefisien korelasi pada tersebut bernilai positif sehingga hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah, dan dapat disimpulkan bahwa ketika persepsi semakin baik maka semakin kuat memilih pembiayaan murabahah. Diketahui pula nilai signifikan atau Sig. (2- tailed) sebesar 0,000; dikarenakan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Dan ini berarti ada hubungan yang signifikan antara variabel persepsi dengan memilih pembiayaan murabahah di KSPPS BMT UGT Sidogiri KCP Semboro. Pada perhitungan regresi ordinal yang simultan yaitu pada perhitungan tabel model fitting information, menunjukkan nilai -2 log likelihood model intercept only sebesar 91,338 sedangkan nilai -2 log likelihood dengan memasukkan variabel independen ke dalam model final terjadi penurunan nilai menjadi 49,838. Perubahan nilai ini merupakan nilai chisquare sebesar 41.500. Dan pada nilai kolom sig pada tabel model fitting information sebesar 0,000 berarti model signifikan karena nilai pada kolom si ≤ α (0,05). Dari model tersebut , dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi (X1), dan perilaku (X2) sama-sama berpengaruh secara simultan terhadap memilih pembiayaan murabahah (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Perilaku, Pembiayaan Murabahah, BMT
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Anggina Dwi Naswati sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:56
Last Modified: 24 Jun 2022 03:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14354

Actions (login required)

View Item View Item