MOTIVASI SANTRI DALAM MENGHAFAL AL QURAN DI TPQ AL FALAH BOBOSAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

WAHIDAH, ISTIQOMAH (2022) MOTIVASI SANTRI DALAM MENGHAFAL AL QURAN DI TPQ AL FALAH BOBOSAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Wahidah Naelal Istiqomah_MOTIVASI SANTRI DALAM MENGHAFAL AL QURAN DI TPQ AL FALAH BOBOSAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (992kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang motivasi santri dalam menghafal Al Quran di TPQ Al Falah Bobosan. Dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Penelitian yang dilakukan adalah metode lapangan (field research). Pengumpulan datayang digunakan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi. Hasil penelitian di TPQ Al Falah Bobosan diperoleh bahwa ada 2 jenis motivasi santri dalam menghafal Al Quran yaitu motivasi instinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi instrinsik antara lain motivasi tumbuh dari diri santri, santri ingin menjadi penghafal Al Quran, santri ingin bacaan Al Qurannya lebih baik dan benar dalam mencari ilmu di TPQ, santri ingin memberikan mahkota kepada orang tuanya kelak di akhirat, santri ingin membahagiakan dan membanggakan orang tua, santri ingin mendapat pahala dengan menghafal Al Quran. Motivasi ekstrinsik diantaranya orang tua yang memotivasi santri untuk menghafal Al Quran dengan memasukkan santri di kelas Tahfidz, guru yang memberi arahan kepada santri untuk melanjutkan menghafal Al Quran di kelas Tahfidz dan teman-teman yang meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al Quran saat proses kegiatan menghafal berlangsung di TPQ. Kedua motivasi ini saling berkaitan satu sama lain untuk memotivasi diri santri. Sehingga meningkatkan semangat santri dalam menghafal Al Quran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Tahfidz, Al Quran
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Wahidah Nailal Istiqomah
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:47
Last Modified: 24 Jun 2022 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14347

Actions (login required)

View Item View Item