NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DASAR

ISNA LUTHFIYAH, RETNO PANGESTI (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DASAR. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Isna Luthfiyah Retno Pangesti_Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata dan Relevansinya dengan Pendidikan Dasar.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada zaman sekarang ini, telah banyak terjadi kasus yang menimbulkan munculnya citra yang kurang baik pada karakter penerus bangsa ini. Oleh karena itu salah satu solusi dari permasalahan ini adalah dengan menanamkan pendidikan karakter kepada anak-anak sejak dini. Pendidikan karakter dapat dilakukan melalui berbagai hal dan dimana saja, bisa di terapkan di lingkungan sekolah, lingkungan rumah dan juga lingkungan masyarakat. Untuk dapat memberikan pendidikan karakter pun bisa diperoleh dari berbagai sumber, salah satunya adalah novel. Selain digunakan sebagai bahan bacaan dan hiburan dikala waktu luang, novel juga dapat memberikan banyak nilai-nilai pendidikan yang dapat di ambil oleh para pembaca. Salah satunya adalah novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Penulis memilih Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata sebagai obyek penelitian karena novel ini mengandung cerita terkait perjuangan dan tekad seorang anak dalam meraih pendidikan yang setinggi-tingginya sehingga dapat digunakan sebagai teladan dalam memberikan gambaran nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer yang berupa Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dan sumber data sekunder berupa buku-buku, artikel, dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis data. Dalam metode analisis data, penelitian ini menggunakan metode content analysis atau analisis isi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka ditemukan bahwa nilai-nilai karakter yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi ada diantaranya: Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas. Yang mana nilai tersebut tentunya memiliki relevansi dengan pendidikan dasar. Berdasarkan hasil analisis terdapat 5 nilai pendidikan karakter yang masuk dalam program penguatan pendidikan karakter versi Kemendikbud.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Sang Pemimpi, Pendidikan Dasar
Subjects: 000 Generalities > 002 The book
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
800 Literature and rhetoric > 810 Kesusatraan Indonesia > 818 Miscellaneous writings
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ISNA LUTHFIYAH RETNO PANGESTI sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:49
Last Modified: 24 Jun 2022 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14341

Actions (login required)

View Item View Item