NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM 5 ELANG KARYA RUDI SOEDJARWO

Wiwin, Haruminingsih (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM 5 ELANG KARYA RUDI SOEDJARWO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Wiwin Haruminingsih_Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film 5 Elang Karya Rudi Soedjarwo.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi ini dapat ditandai dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serta komunikasi. Adanya perkembangan pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter atau pribadi manusia. Karakter sangat penting di tanamkan sejak anak-anak melalui pembelajaran baik dalam bangku sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Melihat keadaan bangsa Indonesia saat ini, secara garis besar belum terlihat pendidikan karakter mengalami peningkatan justru mengalami penurunan. Untuk mewujudkan nilai-nilai pendidikan karakter seorang pendidik dapat mempersiapkan penggunaan sumber belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Pemilihan film yang memberikan edukatif sangat cocok dijadikan sumber belajar peserta didik. Film 5 Elang merupakan film yang mengandung banyak pendidikan karakter dengan penggambaran seorang siswa sekolah dasar yang mengikuti petualangan pramuka. Jadi fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film 5 Elang karya Rudi Soedjarwo. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, dimana sumber data primer terdiri dari film 5 Elang kemudian data sekunder meliputi buku-buku, internet, maupun sumber lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Dalam metode analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) yang digunakan penulis untuk menerangkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam film 5 Elang karya Rudi Soedjarwo Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat 17 nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film 5 Elang diantaranya adalah (1) peduli sosial, (2) bersahabat/komunikatif, (3) disiplin, (4) peduli lingkungan, (5) kreatif, (6) mandiri, (7) menghargai prestasi, (8) cinta tanah air (9) tanggung jawab, (10) optimis, (11) demokratis, (12) tegas, (13)pemberani, (14) ramah (15) gemar membaca, (16) perhatian, (17) kerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, Film 5 Elang
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wiwin Haruminingsih sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:25
Last Modified: 24 Jun 2022 01:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14325

Actions (login required)

View Item View Item