MANAJEMEN HUMAS DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI TK SITI MASYITHOH DAWUHAN SIRAMPOG BREBES

Jamiah, Jamiah (2022) MANAJEMEN HUMAS DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI TK SITI MASYITHOH DAWUHAN SIRAMPOG BREBES. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img] Text
abstrak.doc

Download (53kB)
[img]
Preview
Text
Tesis jamiah.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Abstrak Persaingan yang ketat antara lembaga pendidikan saat ini semakin terasa. Berbagai cara dilakukan oleh sekolah baik negeri maupun swasta dengan segala kelebihan-kelebihan yang dimiliki sekolah tersebut untuk dapat menarik perhatian masyarakat. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan peran humas dalam mempromosikan sekolah untuk menarik minat calon siswa baru dan mampu menaikkan citra sekolah. Melalui strategi program humas di TK Siti Masyithoh Dawuhan Sirampog Brebes, maka sekolah akan banyak diminati oleh masyarakat. Tesis ini bertujuan untuk strategi manajemen humas dalam sekolah yang dilaksanakan oleh TK Siti Masyithoh Dawuhan Sirampog Brebes, dalam penerimaan peserta didik baru. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pada pengumpulan data, teknik yang digunakan ialah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi manajemen humas dalam penerimaan peserta didik baru oleh TK Siti Masyithoh Dawuhan Sirampog Brebes, dengan menyampaikan atau mempromosikan program-program yang unggul di TK Siti Masyithoh seperti seperti terlaksananya program musik rebana, program-program lainnya seperti sholat dhuha berjamaah dan kegiatan promosi kepada masyarakat, pengajian, home visite , promosi di media sosial, promosi di radio dan lainnya. Sasaran dari humas di TK Siti Masyithoh Dawuhan Sirampog Brebes dalam penerimaan peserta didik baru meliputi dua hal, strategi publik internal dan strategi publik eksternal. Kata kunci : manajemen, humas, peserta didik, penerimaan peserta didik baru Abstract The intense competition between educational institutions is now increasingly felt. Various ways are carried out by both public and private schools with all the advantages that the school has to attract the attention of the community. One of them is to maximize the role of public relations in promoting schools to attract prospective new students and be able to raise the school's image. Through the public relations program strategy at Siti Masyithoh Kindergarten, Sirampog Brebes, the school will be in great demand by the community. This thesis aims at the public relations management strategy in schools implemented by TK Siti Masyithoh Dawuhan Sirampog Brebes, in the acceptance of new students This research method is a qualitative approach with a descriptive method. In data collection, the technique used is through observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that the public relations management strategy in accepting new students by Siti Masyithoh Dawuhan Sirampog Brebes Kindergarten, by delivering or promoting superior programs at the Tsanawiyah madrasa, such as the implementation of the tambourine music program, other programs such as congregational dhuha prayers and other activities promotions to the community, recitations, home visits, promotions on social media, promotions on radio and others. The target of public relations at TK Siti Masyithoh Dawuhan Sirampog Brebes in accepting new students includes two things, internal public strategy and external public strategy. Keywords: management, public relations, students, acceptance of new students

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen, humas, peserta didik, penerimaan peserta didik baru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: JAMIAH JAMIAH
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:33
Last Modified: 24 Jun 2022 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14315

Actions (login required)

View Item View Item