Siti, Yuliati (2022) PROBLEMATIKA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 2 PAKIKIRAN KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Siti Yuliati_Problematika Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri 2 Pakikiran Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.pdf Download (537kB) | Preview |
Abstract
Problematika yang dihadapi oleh guru yang belum bisa diselesaikan untuk melaksanakan suatu tugas dalam hal mendidik agar dapat mencapai tujuan pendidikan. Motivasi membaca merupakan dorongan motivasional dari dalam diri sendiri tanpa ada paksaan dari luar untuk membaca sehingga timbulnya ketertarikan dalam dunia pendidikan seperti di sekolah, dalam hal ini adalah mengenai pembelajaran Bahasa Indonesia. Dimana minat peserta didik sangat kurang untuk hal membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Problematika Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri 2 Pakikiran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan di lapangan. Dalam penelitian ini peneliti menggambarkan mengenai Problematika Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri 2 Pakikiran. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru kelas II, dan peserta didik kelas II SD Negeri 2 Pakikiran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika guru dalam meningkatkan motivasi membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 2 Pakikiran antara lain yaitu: 1) Probelamtika saat Menyusun RPP. 2) problematika pelaksanaan pembelajaran antara lain membuka pembelajaran, problematika saat menyampaikan pembelajaran, problematika dalam interaksi belajar mengajar, problematika saat menutup pembelajaran. 3) problematika dalam evaluasi pembelajaran, pada saat evaluasi pembelajaran guru mengalami kesulitan dalam menilai karena peserta didik yang belum pandai atau lancar dalam membaca. 4) Upaya Guru dalam menghadapi Problematika Meningkatkan Motivasi Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia, Adapun upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan motivasi membaca yaitu guru setiap pagi selalu membiasakan untuk membaca walau hanya satu paragraf.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika Guru, Motivasi Membaca, Bahasa Indonesia |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 400 Language > 407 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Yuliati |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 00:37 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 00:37 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14294 |
Actions (login required)
View Item |